Mahasiswa UI Bawa Robot Penyelam Ke Kontes Internasional di Amerika

Para peneliti muda dari Universitas Indonesia bersiap mengikuti Internasional RoboBoat Competition ke-9 yang diadakan di Virginia, AS, 4-10 Juli 2016.

Acep Nazmudin
Ketua Pengurus Tanoto Foundation, Sihol Aritonang, Zulfah Zikrina, Mahasiswa Jurusan Perkapalan UI (tengah), dalam acara Tanoto Foundation di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2016). 

WARTA KOTA, SENAYAN -- Para peneliti muda dari Universitas Indonesia tengah bersiap untuk mengikuti Internasional RoboBoat Competition ke-9 yang diselenggarakan di Virginia, Amrika Serikat 4-10 Juli mendatang.

Ada tujuh mahasiswa yang akan berangkat dari komunitas robot Autonomous Marine Vechicle Universitas Indonesia. Tim ini diketuai oleh Zulfah Zikrina, Mahasiswa Jurusan Perkapalan UI.

Di Virginia nanti, mereka akan memamerkan robot buatan mereka yang dinamai Makara 05 dan Makara 06.

Keduanya adalah robot nir awak yang bisa berlayar di permukaan laut dan menyelam ke bawah laut.

Dilengkapi dengan kamera di dalamnya, roobot dua robot yang saling melengkapi ini mampu mengobservasi dan mendeteksi objek maupun warna. Selain itu robot ini juga bisa mengambil foto di bawah permukaan laut.

Zulfah mengatakan, ihwal penciptaan robot ini memang didesain untuk mengikuti lomba, pertama kali dibuat pada 2014 dan baru rampung pada 2016 ini.

"Robot yang kami ciptakan ini bisa mendukung dunia maritim Indonesia, terutama di bidang militer, karena bisa mendeteksi objek asing di permukaan laut," kata Zulfah dalam acara Tanoto Foundation di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Bukan hanya itu, kata Zulfah, robot Makara 06, juga bisa mendeteksi objek dan warna di dalam laut sehingga bisa dimanfaatkan di bidang perikanan.

Prihal nama Makara 05 dan 06 menurut Zulfah adalah untuk mengharumkan nama almamaternya di dunia pendidikan Internasional. Makara sendiri adalah logo dari UI.

Zulfah mengatakan, pada 2012 lalu seniornya pernah mengikuti lomba ini dengan membawa Makara 02, namun belum sempat dilombakan, robot telah mengalami kerusakan saat diperjalanan lantaran masih minimnya pembaharuan.

"Tahun ini kami bertekad akan bisa membawa prestasi," kata dia.

Selain UI, menurut Zulfah, Indonesia juga diwakili oleh tim mahasiswa lain yakni dari Institut Teknologi Surabaya (ITS).

Untuk diketahui, Autonomous Marine Vechicle UI adalah pemenang pertama dari program Tanoto Foundation Research Award (TSRA), sebuah program tahunan yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation.

Sebuah program yang mendorong peneliti muda untuk melakukan penelitian aplikatif di berbagai bidang.

"Sebagai bentuk apresiasi kami kepada peneliti muda Indoesia, kami mendukung keberangkatan para Mahasiswa UI berkompetisi di RoboBoat 2016. Ini kami harapkan menjadi inspirasi peneliti muda lain untuk berprestasi di berbagai bidang," kata Ketua Pengurus Tanoto Foundation, Sihol Aritonang. (Acep Nazmudin)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved