Polisi : Orangtua Bayi Tidak Bersalah

Penemuan orangtua dari jenazah bayi yang ditemukan warga di taman Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, Sabtu (11/6/2016), menjawab semua tanda tanya.

WARTA KOTA, SAWAH BESAR - Penemuan orangtua dari jenazah bayi yang ditemukan warga di taman Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, Jalan Dwi Warna Raya, Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat pada Sabtu (11/6/2016) lalu menjawab semua tanda tanya.

Pihak Kepolisian pun menyimpulkan bila sepasang suami istri (pasutri), S dan P selaku orangtua kandung korban tidak bersalah.

Kesimpulan tersebut diungkapkan Kanit Reskrim Polsek Sawah Besar, AKP Akta Wijaya berdasarkan kesaksian Sani (35) dokter kandungan Puskesmas Kecamatan Sawah Besar yang menyatakan bayi telah meninggal dunia.

Selain itu, bukti rekam medik bayi juga menyebutkan bila bayi tersebut telah meninggal dunia saat masih berada di dalam kandungan.

Terkait alat bukti tersebut, dirinya menyimpulkan bila kematian bayi tidak memenuhi unsur pidana.

Hal serupa pun berlaku pada keputusan orangtua korban untuk menguburkan jenazah anaknya di taman Puskesmas Kecamatan Sawah Besar tanpa sebelumnya dilaporkan kematiannya kepada warga lainnya.

"Dalam kasus ini tidak ada unsur pidana, karena bayi telah meninggal di dalam kandungan. Hal ini dibuktikan dari keterangan dokter kandungan dan rekam medik selama persalinan," kata Akta Wijaya di Mapolsek Sawah Besar pada Jumat (17/6/2016).

"Soal kenapa nggak dilaporkan sebelumnya dan nggak diberi tanda (nisan-red), orangtua korban mengaku panik waktu itu dan tidak mengerti soal pengurusan jenazah. Apalagi waktu mau minta surat kematian, puskesmas sudah tutup karenanya mereka berinisiatif untuk menguburkan anaknya di taman puskesmas," ujar Akta Wijaya.

Seperti diketahui sebelumnya, warga Jalan Dwi Warna Raya, Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat dikejutkan dengan penemuan jenazah bayi di sebuah taman Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, pada Sabtu (11/6/2016) lalu.

Jenazah bayi malang itu diketahui setelah warga merasa curiga adanya bekas galian tanah baru sekaligus gundukan kecil menyerupai kuburan di taman yang berada di sebelah Puskesmas.

Penggalian kemudian dilakukan, sejumlah warga pun terkejut dengan adanya bungkusan kain berisi jenazah bayi yang diperkirakan baru saja dilahirkan.

Temuan tersebut kemudian dilaporkan kepada pihak Polsek Sawah Besar dan meminta seorang dokter kandungan Puskesmas Sawah Besar bernama Sani (35) untuk mengidentifikasi jasad bayi malang tersebut.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved