Breaking News:

Pilkada

Politisi Sebut Teman Ahok Dapat Rp 30 M Dari Reklamasi, Ini Komentar Ahok

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) membantah tudingan politisi PDIP yang menyebutkan Teman Ahok dapat Rp 30 M dari proyek reklamasi.

Antara
Wakil Ketua MKD Junimart Girsang 

WARTA KOTA, PALMERAH— Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) membantah tudingan dari Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Junimart Girsang.

Junimart menuding adanya aliran dana sebesar Rp30 miliar kepada relawan Teman Ahok. Aliran dana diduga berasal dari pengembang reklamasi pantai utara Jakarta. Tapi, tudingan Junimart dibantah Ahok. Kata mantan Bupati Belitung Timur tersebut, Junimart harus membuktikan tudingan tersebut.

"Harusnya, kalau ada tuduhan begitu, dia periksa saja yang dituduh (Teman Ahok). Buktinya mana? Saya profesional saja," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (16/6/2016).

Sebelumnya, tudingan Junimart dikatakan saat Komisi III DPR menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan KPK, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

"Untuk kelanjutan kasus reklamasi. Karena kami dapat info ada dana pengembang reklamasi sebesar Rp30 Miliar untuk Teman Ahok. Dan dana tersebut disalurkan lewat Sunny dan Cyrus," kata Junimart.

Junimart bertanya apakah KPK sudah memeriksa orang tersebut. Sebab, ia kembali mendapatkan informasi orang tersebut dipecat karena mengetahui aliran dana reklamasi. "Tolong dijawab," kata Junimart.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan kasus reklamasi akan segera dinaikkan ke penuntutan. Sedangkan untuk persoalan dugaan suap, KPK akan mengeluarkan surat penyelidikan.

"Perlu waktu cukup lama dan kita masih teliti dan akan kita laporkan," ujarnya.

Pada rapat Komisi III DPR dengan KPK, Selasa (14/6/2016), Junimart juga meminta penjelasan perkembangan kasus reklamasi pantai utara Jakarta. Ia mempertanyakan apakah terdapat tersangka selain Politikus Gerindra Sanusi.

"Apakah tidak mungkin. Berpotensi yang lain jadi tersangka misalnya. Setelah ini apa yang akan dilakukan KPK dalam menuntaskan kasus reklamasi Pantai Utara Jakarta ini," tutur Junimart. (Dennis Destryawan)

Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved