Jalur Cepat dari Jalan Sudirman ke Cawang Ditutup, Ada Pengerjaan Pondasi

Proyek pengembangan Simpang Susun Semanggi akan menutup jalur cepat dari arah Sudirman yang berbelok ke Cawang.

Jalur Cepat dari Jalan Sudirman ke Cawang Ditutup, Ada Pengerjaan Pondasi
Warta Kota/Bintang Pradewo
Pemberitahuan jalur cepat Jalan Sudirman arah Cawang ditutup

WARTA KOTA, SEMANGGI - Dalam pengerjaan fondasi pembangunan Jembatan Layang Simpang Susun Semanggi, Jakarta Selatan, Selasa (7/6) membuat jalur cepat dari arah Jalan Jenderal Sudirman mengarah ke Cawang ditutup. Sehingga, kendaraan roda empat diwajibkan untuk menggunakan jalur lambat.

Kepala Bidang Simpang dan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo mengatakan bahwa penutupan jalur cepat sudah dilaksanakan sejak Senin (6/6) kemarin. Pengembangan Simpang Susun Semanggi ini termasuk di dalamnya menata jalur yang berbelok.

Sehingga, penutupan jalur cepat itu, kata dia, nantinya akan dilakukan pengabungan jalur cepat dan jalur lambat untuk arah yang berbelok. "Saat ini sedang dilaksanakan pengerjaan fondasi. Proyek pengembangan Simpang Susun Semanggi akan menutup jalur cepat dari arah Sudirman yang berbelok ke Cawang. Jadi yang berbelok dari Sudirman ke arah Cawang lewat jalur lambat," kata dia saat dihubungi di Semanggi, Jakarta Selatan, Selasa (7/6).

Pengerjaan pembangunan Simpang Susun Semanggi dilakukan oleh PT Wijaya Karya (persero) Tbk dengan anggaran mencapai Rp 360 miliar yang berasal dari nilai kompensasi pengembang PT Mitra Panca Persada, anak perusahaan asal Jepang, Mori Building Company.

Jembatan layang Semanggi akan terdiri atas dua ruas atau kupingan. Satu ruas diperuntukkan bagi kendaraan dari arah Cawang menuju ke Bundaran Hotel Indonesia, dan satu ruas lagi untuk kendaraan dari arah Slipi menuju Blok M.

Saat ini, kata dia, kegiatan pengembangan Simpang Susun Semanggi, dilapangan masih melaksanakan pekerjaan pengeboran pondasi. Seperti di kupingan sisi Balai Sarbini dilaksanakan pekerjaan bored pile dan sudah selesai dilaksanakan. Lalu pekerjaan pembesian pile cap.

Untuk kupingan sisi Polda Metro Jaya saat ini sedang berlangsung pekerjaan bored pile. Sedangkan kupingan sisi Hotel Sultan saat ini juga sedang dilaksanakan pekerjaan bored pile. "Sementara itu, kupingan sisi GKBI sedang penyiapan lahan untuk persiapan pekerjaan bored pile," tuturnya.

Jalur Lambat Diperlebar

Dihubungi secara terpisah, Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto menjelaskan bahwa dalam penutupan jalur cepat mengarah ke Cawang atau di depan Plaza Semanggi sudah dilakukan sejak kemarin. Pihak Ditlantas Polda Metro Jaya akan mengarahkan para pengemudi untuk masuk ke jalur lambat.

"Kan jalur lambat sudah diperlebar dan jumlah lajur hampir sama. Diatas kan sudah 1,5 lajur. Sedangkan jalur lambat sampai dengan diperlebar kan hampir sama dengan jalur lambat 2 lajur lebih," ucapnya.

Terlihat, arus lalu lintas di kawasan tersebut pada Selasa siang hari ini terpantau lancar. Kegiatan pengerjaan proyek tersebut tampak sedang berlangsung. Sejumlah kendaraan berat sedang dioperasikan untuk memasang tiang pancang.

Penulis:
Editor: Adi Kurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved