Transportasi Jakarta

Selain Transjabodetabek Ekspress, Kemenhub Juga Siapkan Angkutan Pemukiman Terintegras

Kemenhub menyiapkan beberapa angkutan sebagai pengganti angkutan perbatasan terintegrasi bus Transjakarta yang telah dilarang masuk jalur busway

KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTERA
Bus Transjabodetabek. 

WARTA KOTA, GAMBIR - Kementrian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan beberapa angkutan sebagai pengganti angkutan perbatasan terintegrasi bus Transjakarta (APTB) yang telah dilarang masuk jalur busway per 1 Juni 2016.

"Kita juga akan galakan angkutan permukiman, misal dari perumahan Cibubur, kan luas-luas tuh," kata Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ)

Menurut Elly, untuk menggaet para penghuni perumahan dimana termasuk golongan kelas menengah ke atas, akan disediakan bus yang bagus.

"Kita bikin level of servisnya bagus, supaya penumpang mobil pribadi akan nyaman naik bus itu," kata dia.

Untuk mempercepat perjalanan dari dan ke tempat tujuan, kata Elly, BPTJ akan bekerjasama dengan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) agar bus tersebut bisa diberikan lajur khusus di tol.

"Nanti bisa masuk lajur yang kita sebut HOV (high-occupancy vehicle) lane, itu lajur khusus angkutan berkapasitas besar," kata Elly.

Diketahui, sebelumnya Elly mengatakan, BPTJ tengah menyiapkan TransJakarta Ekspres untuk mengakomodir penumpang APTB dari berbagai kota di Jabodetabek, bus ini direncanakan akan beroperasi paling cepat Juni 2016 ini. (Acep Nazmudin)

Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved