Ganti APTB, Kemenhub Siapkan Transjakarta Ekspres

Transjakarta Ekspress dihadirkan untuk mengakomodasi penumpang APTB dari kota-kota sekitar Jakarta.

Warta Kota/Bintang Pradewo
Ilustrasi. APTB dilarang masuk jalur busway. 

WARTA KOTA, GAMBIR -- Kementrian Pehubungan (Kemenhub) melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) tengah menyiapkan Transjabodetabek Ekspres untuk menggantikan angkutan perbatasan terintegrasi bus Transjakarta (APTB).

Diketahui, per tanggal 1 Juni 2016, APTB dilarang untuk masuk ke jalur busway.

Kepala BPTJ, Elly Adriani Sinaga mengatakan, Transjakarta Ekspress dihadirkan untuk mengakomodasi penumpang APTB dari kota-kota sekitar Jakarta.

"Kami konsen ke penumpangnya yang telah ada, ini yang perlu kami layani, sekarang BPTJ sedang menyiapkan layanan Transjabodetabek Ekspres," kata Elly ditemui di Kementrian Perhubungan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (2/6/2016).

Disebut express, menurut Elly, lantaran bus tersebut didesain untuk sampai ke tujuan dengan waktu tempuh lebih pendek.

"Artinya, dia berhenti terbatas, misalnya, dari Bogor ke Harmoni, akan lewat tol, dan kita usahakan pemberhentiannya sedikit," kata Elly.

Menurut Elly, untuk melalui jalan tol, pihaknya akan bekerjasama dengan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT).

"Kita minta ke supaya nanti ada satu lajur khusus di tol, bukan hanya untuk Transjabodetabek ekspres tapi bisa juga untuk angkutan lain yang lebih besar, supaya lebih cepat," kata Elly.

Elly juga mengatakan, telah berkomunikasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar TransJabodetabek Ekspres bisa melaju di jalur busway.

"Mudah-mudahan kalau itu oke, kita juga sudah berkomunikasi, koordinasi dengan Pemprov DKI, supaya bus ini bisa masuk ke jalur busway," kata dia.

Paling cepat, menurut Elly, Transjabodetabek Ekspres akan mengaspal pada bulan ini.

"Nanti ada operatornya, kita akan seleksi siapa yang akan melayani sesuai persyaratan, saya harap sebulan tuntas prosesnya," kata dia. (Acep Nazmudin)

Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved