Ramadan 2016

Surat Edaran Penutupan Tempat Hiburan Malam, Mulai Disebar

Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Shomad menuturkan pihaknya sudah menandatangani surat edaran terkait aturan operasi tempat hiburan malam di Depok

Surat Edaran Penutupan Tempat Hiburan Malam, Mulai Disebar
Kompas.com/Philip Mackenzie/sxc.hu
Ilustrasi hiburan malam. 

WARTA KOTA, DEPOK - Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Shomad menuturkan pihaknya sudah menandatangani surat edaran terkait aturan operasi tempat hiburan malam di Depok selama Ramadan tahun 2016 ini.

Menurut Idris, surat edaran itu mulai disosialisasikan dan disebarkana ke seluruh pengelola tempat hiburan malam mulai dari bar, kafe hingga tempat karaoke di Depok, Rabu (1/6/2016).

Menurutnya dalam surat edaran itu seluruh tempat hiburan malam di Depok wajib tutup total selama Ramadan. Selain itu bagi pengusaha restoran atau rumah makan wajib menggunakan tirai pada siang hari untuk menghormati umat Islam yang menjalankan ibadah puasa.

"Berdasarkan kesepakatan Forkopimda atau Forum Kordinasi Pimpinan Daerah, aturan penutupan total tempat hiburan malam di Depok diterapkan selama Ramadan. Semuanya tertuang dalam surat edaran dan mulai disosialisasikan ke semua pengusaha hiburan malam di Depok," kata Idris, Rabu (1/6/2016).

Menurutnya dengan surat edaran itu, dirinya berharap semua pelaku usaha hiburan malam di Depok mendukung dan bekerjasama demi terciptanya kenyamanan dan ketentraman saat bulan suci berlangsung.

"Intinya, agar toleransi dan saling hormat menghormati antar umat beragama dapat berjalan dengan baik di Depok," kata Idris.

Harus tutup

Kepala Satpol PP Depok, Nina Suzana, menejelaskan, dalam surat edaran itu, tempat hiburan malam harus tutup dua hari sebelum Ramadan dan harus tutup selama Ramadan serta kembali buka empat hari setelah Lebaran.

"Peraturan tersebut sudah dikeluarkan dan ditandatangani Walikota Depok, lalu akan diedarkan ke para pengelola tempat-tempat hiburan," kata Nina.

Selain itu, kata dia, dalam surat edaran juga disebutkan bahwa restoran dan rumah makan yang berjualan di siang hari harus mengenakan penutup tirai.

"Kami turunkan tim selama Ramadan untuk memonitor pelaksanaan sesuai surat edaran," kata Nina.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved