Breaking News:

Ujian Nasional Berbasis Komputer

Telat Antisipasi Perubahan, UNBK di SMPN 7 Matraman Sempat Terkendala

Tapi untuk waktu pengerjaan soal ujian tidak ada yang berubah.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor:
Warta Kota
ILUSTRASI - Ujicoba Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMKN 39 Cempaka Putih, Jakarta Pusat. 

WARTA KOTA, MATRAMAN - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMPN 7 Matraman, Jakarta Timur, sempat mengalami kendala karena telah mengantisipasi perubahan dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Akibatnya pelaksanaan UNBK mundur selama beberapa jam.

Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Timur wilayah satu Ari Budiman mengatakan kejadian itu bermula saat Puspendik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan perubahan secara tiba-tiba. Namun ternyata hal itu tidak langsung diantisipasi oleh proktor sehingga pelaksanaan UNBK molor dari jadwal yang seharusnya.

"Jadi ini sebenarnya masalah internal saja, si proktor terlambat antisipasi perubahan dari pusat sehingga perlu di-reset ulang lagi. Makanya pelaksanaan ujian sempat molor tapi sekarang sudah normal lagi," ujarnya, Senin (9/5).

Akibatnya siswa yang seharusnya mengerjakan soal ujian pada pukul 07.30-09.30 WIB molor menjadi pukul 10.30-12.30 WIB. Sementara yang tadinya dijadwalkan ikut ujian pukul 10.30-12.30 WIB berubah menjadi pukul 13.00-15.00 WIB.

"Tapi untuk waktu pengerjaan soal ujian tidak ada yang berubah. Waktu mereka mengerjakan soal ujian tetap dua jam, tidak ada yang berkurang" katanya.

Kepala Sekolah SMPN 7 Agus Kurnia mengatakan pihaknya akan memberikan teguran lisan kepada proktor yang terlambat mengantisipasi perubahan dari pusat. Hal ini supaya tidak ada kesalahan serupa dikemudian hari.

"Setelah pelaksanaan ujian, setiap harinya akan dilakukan briefing untuk mengantisipasi sekaligus persiapan UNBK hari berikutnya," tutur Agus.

Adapun jumlah siswa yang mengikuti pelaksanaan UNBK di SMPN 7 Matraman sebanyak 266 orang. Mereka dibagi dalam empat ruang kelas yang masing-masing berjumlah sekitar 32-34 siswa.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved