Breaking News:

Mengenal Bhayangkara, Polisi di Zaman Majapahit

Di Ruang Sejarah Museum Polri, terdapat beberapa diorama yang menggambarkan peristiwa-peristiwa penting dalam perjalanan dan kiprah institusi Polri.

Penulis: Feryanto Hadi | Editor: Andy Pribadi
Warta Kota/Feryanto Hadi
Diorama pasukan Bhayangkara pada zaman Majapahit yang berada di lantai satu Museum Polri. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU - Museum Polri yang terletak di Jalan Trunojoyo No. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menawarkan penelusuran sejarah kepolisian Negara Republik Indonesia melalui sentuhan galeri sehingga tanpa terasa membawa para pengunjung pada alam kepolisian masa lalu hingga masa kini.

Salah satunya, bisa kita saksikan di Ruang Sejarah, yang berada di lantai satu bangunan museum.

Di Ruang Sejarah Museum Polri, terdapat beberapa diorama yang menggambarkan peristiwa-peristiwa penting dalam perjalanan dan kiprah institusi Polri.

Soal perangkat kepolisian di era sebelum kolonial, pada era abad 7-16 masehi, misalnya.

Pada masa ini, ternyata bentuk kepolisian sudah ada.

Jauh sebelum bangsa barat datang ke Indonesia, masyarakat nusantara telah mengenal tugas kepolisian berupa pengamanan dan pembinaan stabilitas negara.

Pada masa itu, organisasi dan sifat tugas kepolisian masih bersifat tradisional yang dilaksanakan oleh pasukan keamanan kerajaan-kerajaan di Nusantara.

Sriwijaya, yang kala itu merupakan kerajaan maritim terbesar di Nusantara, memiliki pasukan keamanan laut yang direkrut dari bajak laut Selat Malaka untuk menjaga aktifitas perniagaan.

Kemudian ada pasukan Bhayangkara di bawah pimpinan Mahapatih Gadjah Mada dari Kerajaan Majapahit.

Kerajaan Majapahit mempunyai beberapa lembaga pemerintahan sebagai kelengkapan untuk membantu Raja dalam melaksanakan pemerintahan.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved