Breaking News:

Survei : Merk Regional dan Lokal Tumbuh Lebih Cepat

Merek regional dan lokal ternyata tumbuh lebih cepat daripada pemain global baik di pasar modern maupun pasar tradisional.

WARTA KOTA, JAKARTA - Merek regional dan lokal ternyata tumbuh lebih cepat daripada pemain global baik di pasar modern maupun pasar tradisional. Dermikian antara lain isi laporan Nielsen Go Glocal atas hasil survei Nielsen Global Brand-Origin, yang dirilis pada akhir pekan ini.

Laporan tersebut menunjukkan para pemain lokal telah menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan dan telah mengubah sektor FMCG di Asia. FMCG (Fast Moving Consumer Goods) adalah produk-produk yang terjual cepat.

Untuk pemain lokal, kesuksesan mereka telah menjadi evolusi yang perlahan seiring dengan bertumbuhnya pengetahuan akan lingkungan pasar modern, khususnya pada beberapa area tertentu seperti manajemen kategori.

Perusahaan lokal juga ditemukan memahami nuansa konsumen lokal. Hasi survei enunjukkan, hampir tiga dari lima konsumen di Asia Tenggara percaya bahwa merek lokal adalah yang paling sesuai untuk memenuhi kebutuhan dan selera mereka.

Menurut tradisi, pemain lokal menguasai kategori-kategori yang bersinggungan erat dengan nuansa lokal seperti makanan dan minuman. Saat ini, kedua kategori tersebut masih mendorong tingkat pertumbuhan terbesar bagi perusahaan local, dengan 17 persen untuk minuman dan 10 persen untuk makanan.

Perusahaan lokal dan regional juga menawarkan variasi harga yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Munculnya kelas menengah yang terus berkembang telah merangsang aspirasi konsumen untuk bertransaksi dan menikmati kualitas tambahan dan manfaat fungsional dari produk-produk dengan harga yang lebih premium.

Penulis:
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved