BKPM Operasikan Desk Khusus Layani Investor Tiongkok

Tahun lalu minat investasi asal Tiongkok tercatat sebesar 22,2 miliar dolar AS.

BKPM Operasikan Desk Khusus Layani Investor Tiongkok
Warta Kota/Gopis Simatupang
Kepala BKPM, Frangky Sibarani, saat memberikan keterangan tentang pengoperasian China Desk di Gedung BKPM, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (2/5/2016). 

WARTAKOTA, KEBAYORANBARU - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), mulai Senin (2/5/2016), mengoperasikan desk khusus Tiongkok (China Desk) untuk memfasilitasi investor Tiongkok dalam menanamkan modalnya di Indonesia.

China Desk ini diisi oleh tim BKPM yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Mandarin, bekerjasama dengan Kedutaan Besar Tiongkok di Indonesia.

Kepala BKPM, Frangky Sibarani, berharap kehadiran China Desk ini mampu meningkatkan realisasi investasi Tiongkok di Indonesia.

"Pada hari ini BKPM membuka secara resmi China Desk di BKPM dan menempatkan petugas yang mampu berbahasa Mandarin dengan baik," ujar Frangky di Gedung BKPM, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (2/5/2016).

Tahun lalu minat investasi asal Tiongkok tercatat sebesar 22,2 miliar dolar AS. Angka itu mengambil porsi 22,97 persen dari seluruh minat Penanaman Modal Asing (PMA) yang tercatat sebesar 96,64 miliar dolar AS pada tahun lalu.

Namun, realisasi investasi Tiongkok yang masuk ke Indonesia hanya 2,1 miliar dolar AS alias tidak sampai 10 persennya. Itu pun sudah naik 47 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2014.

Tiongkok memang dikenal sebagai negara yang memiliki rasio realisasi investasi terendah dibandingkan negara Asia lainnya.

Sepanjang tahun 2005 hingga 2014, rasio realisasi investasi asal Tiongkok tercatat hanya 7 persen, jauh dibawah Jepang dan Korea Selatan yang masing-masing bisa merealisasikan sebesar 62 persen dan 65 persen pada periode yang sama.

Salah satu pemicu rendahnya realisasi investasi Tiongkok adalah kendala bahasa. Karena itu, Frangky berharap China Desk ini dapat membantu investor Tiongkok berkomunikasi dengan baik sehingga mampu mengatasi kendala bahasa yang selama ini terjadi.

"China Desk akan membantu dan memfasilitasi investor Tiongkok dalam memperoleh penjelasan kebijakan investasi, bimbingan, dan konsultasi bagi investor Tiongkok untuk memperoleh perizinan penanaman modal di BKPM," kata Frangky.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved