Syarat Usulan Jalan Layang Tiga Tingkat di Depok, Rampung

Syarat usulan pembangunan jalan layang tiga tingkat di persimpangan Jalan Margonda, Kartini, Siliwangi dan Dewi Sartika sudah selesai dikerjakan.

Syarat Usulan Jalan Layang Tiga Tingkat di Depok, Rampung
Warta Kota/Alex Suban
Pada usinya ke-17, Rabu (27/4), Kota Depok telah banyak berubah. Terutama lanskap Jalan Raya Margonda yang padat lalu lintas kini penuh gedung tinggi 

WARTA KOTA, DEPOK - Syarat usulan pembangunan jalan layang (fly over) tiga tingkat di persimpangan Jalan Margonda, Jalan Kartini, Jalan Siliwangi dan Jalan Dewi Sartika (Jalan Layang Markaswangi), yakni berupa detail engineering design (DED) atau konstruksi detail jalan itu, sudah selesai dikerjakan Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (Bimasda) Kota Depok.

DED Jalan Markaswangi tersebut kini dipersiapkan diserahkan ke Pemerintah Pusat untuk melengkapi usulan pembangunan yang sudah dilakukan Pemkot 2015 lalu.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Bimasda Depok, Hardiman, menuturkan DED menjadi salah satu syarat kelengkapan agar rencana mega proyek yang diperkirakan menghabiskan biaya Rp 1 triliun lebih tersebut disetujui oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum (Kemenpu).

Karenanya kata dia, DED digarap pihaknya melalui konsultan pembangunan sejak 2015 lalu saat usulan dimasukkan ke pemerintah pusat.

Hardiman, menyebutkan meskipun DED Jalan Layang Markaswangi ini sudah rampung, pihaknya baru memberitahukan hal ini ke Kemenpu secara lisan dan belum menyerahkannya secara resmi.

"Sebab mesti berkoordinasi dulu dengan Bappeda Depok sebelum menyerahkan ke Kemenpu," katanya kepada Warta Kota, Jumat (29/4/2016).

Koordinasi kata dia berupa ekspose DED ke Bappeda dan Wali Kota Depok.

"Jadi pemberitahuan lisan saja ke Kemenpu. Belum resmi kita serahkan," kata Hardiman.

Menurut Hardiman DED Jalan Markaswangi dikerjakan oleh konsultan perencanaan jalan, dengan menghabiskan dana anggaran Rp 350 Juta.

Dengan sudah selesainya DED Jalan Markaswangi ini, katanya, dalam beberapa pekan ke depan semuanya akan diserahkan secara resmi ke Bappenas dan Kemenpu untuk melengkapi pengajuan yang sudah dilaukan.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved