Transportasi Jakarta

MRT akan Tampung 173.400 Penumpang per Hari

Proses pengerjaan proyek Mass Rapid Transit (MRT) hingga kini terus berlangsung.

MRT akan Tampung 173.400 Penumpang per Hari
nationalgeographic.co.id
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, GAMBIR - Proses pengerjaan proyek Mass Rapid Transit (MRT) hingga kini terus berlangsung.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah pada pembangunan jalur bawah tanah di Kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Pasalnya, selain proyek dilakukan di tengah kota, juga pembangunan jalur transportasi di bawah tanah kali pertama dilakukan di Jakarta.

Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta, Tubagus Hikmatullah, mengatakan bahwa untuk tahap I, akan dibangun terlebih dahulu jalur Lebak Bulus hingga Bundaran HI.

Dengan panjang 15,7 km dan 13 stasiun terdiri dari 7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah tanah, dan ditargetkan beroperasi 2018.

"Mesin bor bawah tanah pertama proyek MRT Jakarta yang bernama Antareja pada hari Minggu,17 April 2016, telah berhasil menembus Stasiun Istora tepatnya di depan Bursa Efek Indonesia)," kata Hikmatullah ditemui Warta Kota di kantornya, Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Kamis (21/4).

Antareja, lanjut Hikmatullah, telah dioperasikan sejak 21 September 2015. Dengan memulai dari titik awal Patung Pemuda Senayan.

Bor tersebut, berhasil membuat terowongan jalur MRT bawah tanah hingga Stasiun Istora dengan total panjang 928,5 meter.

Jarak dari Patung Pemuda menuju Stasiun Senayan itu sendiri sepanjang 327 meter dan Stasiun Senayan menuju Stasiun Istora sepanjang 601,5 meter

"Terdapat empat mesin bor bawah tanah yang digunakan pada paket pekerjaan konstruksi bawah tanah proyek MRT Jakarta untuk membuat terowongan jalur bawah tanah MRT sepanjang Senayan hingga Bundaran HI. Dua mesin bor bawah tanah telah dioperasikan dari titik awal Patung Pemuda menuju ke arah Utara hingga nantinya akan berakhir di titik Setiabudi," jelasnya.

Halaman
1234
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved