Titik Berat RPJMD Depok, Efisiensi Biaya

Pemkot Depok tengah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Depok untuk periode 2016-2021.

WARTA KOTA, DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tengah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Depok untuk periode 2016-2021.

Dalam penyusunannya, Pemkot Depok memastikan RPJMD sesuai dengan arahan Presiden RI di mana memperhatikan efektifitas dan efisiensi biaya.

Selain itu, Pemkot Depok meminta masukan dari dua orang ahli atau akademisi dari Universitas Indonesia (UI) untuk merancang RPJMD Depok 2016-2021.

Wali Kota Depok M Idris Abdul Shomad menuturkan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok yang sedang menyusun RPJMD Depok 2016-2021, berpatokan pada arahan Pemerintah Pusat.

Dimana, dalam setiap pertemuan Presiden Joko Widodo atau Jokowi selalu mengingatkan bahwa dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, mesti mengacu dengan menitikberatkan pada pembiayaan pembangunan yang efektif dan efisien.

Hal ini juga yang telah dilakukan oleh pemerintah pusat. Karenanya kata Idris, RPJMD Depok 2016-2021 juga harus menitikberatkan pada efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran dalam pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan.

"Sekarang, penyelenggaraan pembangunan mesti efektif dan efisien, dimana money follows program. Namun tetap memperhatikan hal wajib dan pilihan serta harus sesuai dengan amanat Undang-undang," kata Idris, saat rakor OPD di Balaikota Depok, Selasa (19/4/2016).

Menurut Idris, selain sejalan dengan arahan Presiden Jokowi, dalam penyusunan RPJMD Depok ini, pihaknya juga meminta dan mendengarkan masukan dari dua orang pakar atau ahli dari Universitas Indonesia (UI).

Yakni Prof Eko Prasojo, ahli di bidang kebijakan publik serta Prof. Kemas Ridwan, pakar bidang tata ruang kota.
"Saya meminta masukan mereka. Dimana semua masukan akan dirangkum dan dibuat dalam program Performance Based Planning," katanya.

Rangkuman itu kata dia juga menjadi acuan dan dasar dalam penyusunan RPJMD Depok 2016-2021.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved