Blar, Ponsel Bisa Tewaskan Pengguna di Saat Hujan karena Tersambar Petir, Ini Tips Aman

Jordan tewas tersambar petir di saat menghadiri pemakaman mantan Menakertrans, Jacob Nuwa Wea

Blar, Ponsel Bisa Tewaskan Pengguna di Saat Hujan karena Tersambar Petir, Ini Tips Aman
Fico
Ilustrasi petir bisa membunuh pengguna ponsel. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Berita mengenai seorang pengguna telepon seluler (ponsel) yang tersambar petir di Karawang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu mengundang pertanyaan keamanan pemakaian ponsel saat cuaca mendung atau hujan.

Seorang pria bernama Jordan tersambar petir saat cuaca mendung di pemakaman San Diego Hills, Karawang Barat, Rabu (13/4/2016).

Sejumlah kalangan warga membenarkan, petir bisa menyambar orang yang sedang menelepon.

"Sebelum ini, tukang di rumah saya juga tewas tersambar petir karena menggunakan telepon di saat petir menyambar," kata warga, Rahayu di Jakarta, Jumat (15/4/2016).

Menurut kabar, Jordan tersambar petir saat berada di luar tenda. Saat itu, Jordan dikatakan menggunakan perangkat handsfree (aksesori audio ponsel) dan ponselnya dimasukkan ke saku celana kiri.

Akibat sambaran petir, dua orang yang berada di dekat Jordan juga dilaporkan pingsan, sementara nyawa Jordan tidak tertolong. Paha sebelah kiri Jordan, bagian ia mengantongi ponselnya, disebut hangus terbakar.

Cerita ini didapat KompasTekno dari sumber bernama Agung, yang orangtuanya berada sekitar lima meter dari tempat kejadian di mana Jordan tersambar petir.

Apa yang dialami Jordan menimbulkan pertanyaan, apakah aman menggunakan ponsel pada saat cuaca mendung atau hujan?

Menurut jurnal yang dikeluarkan oleh lembaga cuaca Amerika Serikat, NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration), telepon seluler aman dipakai meskipun saat hujan.

"Tidak ada penghubung langsung antara Anda dan petir," tulis NOAA dalam situsnya.

Halaman
1234
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved