Breaking News:

Rapid Topan Tatap Peluang Ikuti Moto GP

Rapid Topan akan kembali berkiprah di ajang kejuaraan balap dunia FIM CEV Moto2 European Championship 2016.

Penulis: Feryanto Hadi | Editor: Gede Moenanto
Warta Kota/feryanto hadi
Rapid Topan tatap kejuaraan Moto GP. 

WARTA KOTA, KEMAYORAN -- Pebalap muda potensial Indonesia, Rapid Topan akan kembali berkiprah di ajang kejuaraan balap dunia FIM CEV Moto2 European Championship 2016.

Langkah ini sekaligus menjadi jembatan bagi Topan untuk bisa berkiprah dalam balapan motor paling bergengsi Moto GP pada dua atau tiga tahun ke depan.

Sebelumnya, pebalap 21 tahun ini pernah berkiprah pada ajang Moto2 pada 2013, namun saat itu ia hanya mampu bertengger pada posisi 20 pada klasemen akhir.

Sedangkan pada 2014, Rapid tampil penuh pada ajang Asia Road Race Champinship (ARRC) bersama tim asal Jepang.

Pada balapan kali ini, Rapid akan bergabung dengan tim asal Spanyol yakni Chronos Corse dengan disokong Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI Jakarta bersama beberapa perusahaan nasional seperti Dyandra Promosindo, Evalube dan produsen helm KYT.

“Potensi yang dimiliki Rapid Topan selama ini membuat kami optimistis dan menguatkan tekad untuk mendukung dia balapan di ajang dunia. Tentu ini menjadi bagian bagi kami juga untuk bisa mendorong atlit Indonesia berprestasi di ajang internasional,” kata PT Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh saat menggelar konferensi pers di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (13/4).

Ketua IMI DKI Jakarta Ivan Rastianto menambahkan, skill dan pengalaman Rapid Topan di dunia balap selama ini menjadikan pihaknya mendorong pemuda asal Tanjung Priuk ini untuk kembali berkiprah pada balapan kelas dunia. “Dia masih muda tapi sudah sarat pengalaman. Saya yakin kalau dia diberikan kesempatan suatu saat nanti dia akan menjadi pebalap yang hebat dan bisa menjadi wakil Indonesia sebagai pebalap Moto GP,” katanya.

Menurut Ivan, pihaknya menargetkan dalam dua atau tiga tahun ke depan Rapid Topan bisa didorong untuk bisa tampil di Moto GP. “Tinggal bagaimana Topan bisa memanfaatkan kesempatan yang diberikan dia sekarang ini. Mudah-mudahan di setiap seri kejuaraan dia bisa mengibarkan merah putih,” jelasnya.

Sepuluh besar

Seri pembuka Moto2 Eropa yang diikuti 24 pebalap dari berbagai Negara di dunia ini akan berlangsung 17 April 2016 di Vaencia, Spanyol. Seri berikutnya akan bergulir di Aragon (Spanyol) pada 29 Mei, Catalunya (Spanyol) 12 Juni, Albacete (Spanyol) 3 Juli, Algarve (Portugal) pada 28 Agustus, Jerez (Spanyol) 2 Oktober dan kembali ke Valencia pada 15 November 2016.

Rapid Topan, ketika ditemui usai sesi press converence berjanji akan berjuang mati-matian demi mewujudkan mimpi naik ke kelas Moto GP.

“Untuk target tahun pertama, bisa masuk 10 besar sudah bagus karena lawan yang akan saya  hadapi juga punya banyak pengalaman,” katanya. Adapun kendala yang dihadapi Topan saat ini adalah minimnya pengetahuan mengenai kondisi sirkuti serta kendala bahasa Inggris yang belum lancer.

“Tapi itu masih bisa disiasati karena setelah ini saya akan segera berangkat ke Spanyol untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Balapan sudah begitu dekat, mudah-mudahan dengan dukungan masyarakat Indonesia saya bisa meraih hasil maksimal pada balapan nanti,” jelasnya.

Topan membuka lembaran sejarah baru motorsport Indonesia pada akhir 2012 sebagai pebalap Moto2. Saat itu, ia terpilih menjadi pebalap pengganti Anthony West asal Australia yang mendapatkan penalty larangan tampil di GP Valencia, Spanyol pada November 2012.

Di sesi kualifikasi, Topan berada pada urutan 31 dari 33 pebalap. Saat raceday yang saa itu dijuarai Marc Marquez (kini sebagai pebalap Moto GP), Topan finish pada urutan 30.

Pada musim 2013, posisi Topan naik menjadi pebalap regular tim QMMF yang dimiliki keluarga kerajaan Qatar. Tampil penuh dalam 17 seri balapan tahun itu, Topan tercatat gagal finish di lima seri. Sayangnya, prestasi terbaiknya saat itu hanya bisa finish di urutan 20 dan paling buruk berada di urutan 30.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved