Narkoba

Pengguna Narkoba di Indonesia Terus Meningkat Setiap Tahun

Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta mengakui bahwa Indonesia memang menjadi salah satu pasar narkoba besar. Konsumennya pun meningkat setiap tahun

Pengguna Narkoba di Indonesia Terus Meningkat Setiap Tahun
Warta Kota/Banu Adikara
Para tersangka narkoba dan barang buktinya yang diamankan petugas saat gelar perkara Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, Senin (11/4). 

WARTA KOTA, TANGERANG - Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta mengakui bahwa Indonesia memang menjadi salah satu pasar narkoba besar. Konsumennya pun meningkat setiap tahunnya.

"Pada tahun 2015 lalu, pengguna narkoba di Indonesia tercatat ada sebanyak 5,8 juta jiwa. Banyaknya pengguna narkoba juga dibarengi dengan maraknya upaya penyelundupan narkoba dari luar negeri, " kata Kepala Bidang Kepatuhan dan Layanan Informasi Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, Dadan Farid dalam gelar perkara pada Senin (11/4).

Berdasarkan data yang pernah dihimpun Warta Kota, jumlah pengguna narkoba pada tahun 2014 silam tercatat ada sebanyak 4,1 jiwa.

Ini membuktikan bahwa jumlah pengguna narkoba meningkat cukup pesat tiap tahunnya.

"Banyaknya pengguna narkoba di Indonesia jelas berbanding lurus dengan jumlah permintaan, layaknya hukum ekonomi. Permintaan besar, mengakibatkan suplai yang besar pula. Belum lagi perputaran uang dalam jumlah besar yang membuat banyak orang semakin ingin menggeluti bisnis ini, " kata Dadan.

Dadan menegaskan, pihaknya pun berperan besar dalam menekan angka pengguna narkoba dengan cara mencegah narkoba dari luar negeri masuk ke Indonesia.

"Kami menjalankan fungsi community protector, yang mengawasi barang yang hendak masuk maupun keluar dari Indonesia. Kami harus terus siaga, karena modus penyelundupannya pun semakin kompleks, " katanya lagi.

Diberitakan sebelumnya oleh Warta Kota, Kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta bersama Badan Narkotika Nasional menyita total 4,4 kilogram narkoba jenis sabu selama bulan Maret 2016.

Narkoba sitaan tersebut diperoleh dari empat kasus percobaan pengiriman narkotika dari luar negeri. Enam orang tersangka juga ditahan dari empat kasus tersebut. (kar)

Penulis: z--
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved