Breaking News:

Kecelakaan Kerja

Dalami Tragedi Lift Jatuh, Kepolisian Hadirkan Saksi Ahli

Tragedi jatuhnya lift pada proyek pembangunan gedung di Jalan Antara 47 Pasar Baru, Jakarta Pusat, Minggu sore masih dalam penyelidikan polisi.

Penulis: | Editor: Hertanto Soebijoto
Sebuah lift jatuh di bangunan yang sedang dikerjakan di Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat pada Minggu (3/4/2016) sore mengakibatkan dua orang meninggal. 

WARTA KOTA, SAWAH BESAR - Tragedi jatuhnya lift pada proyek pembangunan gedung di Jalan Antara Nomor 47 Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat pada Minggu (3/4/2016) sore masih dalam penyelidikan pihak Kepolisian saat ini.

Mendalami kasus, pihak Kepolisian Sektor Sawah Besar akan menghadirkan saksi ahli untuk menilai penyebab serta kelalaian hingga menyebabkan lift jatuh.

Keterangan tersebut disampaikan oleh Kanit Reskrim Polsek Sawah Besar, AKP Akta Wijaya. Dirinya menyampaikan bila pihaknya bersama Sudin Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Pusat masih mendalami kasus jatuhnya lift hingga saat ini. Sebab, diketahui bila jatuhnya lift menjadi bukti adanya kelalaian ataupun kerusakan pada beberapa bagian lift.

Karena itu, tidak hanya memeriksa saksi dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) sesaat setelah peristiwa terjadi, pihaknya juga akan kembali melakukan olah TKP lanjutan dan menghadirkan saksi ahli yang berasal dari Sudin Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Pusat dan Puslabfor Mabes Polri untuk menilai penyebab jatuhnya lift tersebut.

"Kami sudah periksa delapan saksi diantaranya kontraktor, manager, mandor sampai pekerja yang ada di lokasi kejadian. Selanjutnya, kita akan coba padukan dengan keterangan ahli, jadi kesalahan ada di mana bisa dilihat," ungkapnya kepada Warta Kota, Selasa (5/4/2016).

Selain memeriksa bagian serta kerusakan lift, kehadiran Sudin Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Pusat juga dikatakannya, akan memeriksa izin dan kelengkapan keamanan pekerja pada proyek tersebut. Sebab, diketahui bila lift yang kini ditutup operasinya itu belum terdata dan diperiksa pihak Sudin Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Pusat hingga saat ini.

Seperti diketahui sebelumnya, menewaskan sejumlah karyawan dalam tragedi lift jatuh di Tower B Gedung Nestle Perkantoran Hijau Arkadia, Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada Kamis (10/12) lalu, kecelakaan serupa kembali terjadi di Ibu Kota. Kali ini, sebuah lift dalam gedung bangunan di Jalan Antara Nomor 47 Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat jatuh hingga menewaskan sebanyak dua orang pada Minggu (3/4/2016) sore.

Peristiwa jatuhnya lift tersebut diungkapkan Kasubag Humas Polres Jakarta Pusat, Kompol Suyatno diketahui terjadi saat empat orang pekerja bangunan yakni Ahmad Rustoni (29), Husni (23), Kardi (32) dan Ali (40) menaiki lift dari lantai dasar menuju lantai tiga untuk beristirahat pada sekira pukul 17.30 WIB.

Namun, beberapa saat lift mencapai lantai tiga, secara tiba-tiba tali sling baja lift terputus.

Lift yang terjatuh pun menghempaskan keempatnya ke lantai dasar atau dengan ketinggian lebih dari 20 meter.

Ahmad Rustoni (29) dan Husni (23) ditemukan tewas di lokasi kejadian dengan sejumlah luka patah pada sejumlah bagian tubuh, sedangkan Kardi (32) dan Ali (40) cukup beruntung, keduanya hanya mengalami luka patah kaki.

Tidak berselang lama usai tragedi tersebut terjadi, keempatnya kemudian dievakuasi oleh petugas keamanan proyek.

Kedua korban meninggal dunia dikirim ke kamar jenazah Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), sementara Kardi dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) dan Ali dirawat di RSCM lantaran mengalami luka lebih parah.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved