Breaking News:

Pilkada

Prof Siti Zuhro: Hari Gini Mana Ada Relawan Gratisan

"Hari gini tidak ada makan gratis. Jadi tidak ada relawan yang tidak dibayar, begitu juga relawan Jokowi-JK dulu," ujar Siti Zuhro.

Amriyono Prakoso
R Siti Zuhro 

WARTA KOTA, PALMERAH-- Peneliti Senior LIPI, Prof R Siti Zuhro, mengatakan bahwa tidak ada satu pun relawan yang tidak dibayar oleh penguasa maupun pengusaha.

Menurutnya, dapat dipastikan seluruh relawan pasti dibayar oleh orang-orang tertentu untuk kepentingan yang baik atau buruk.

"Hari gini tidak ada makan gratis. Jadi tidak ada relawan yang tidak dibayar, begitu juga relawan Jokowi-JK dulu," jelasnya di kantor MMD Initiative, Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Dia mengungkapkan bahwa selama ini relawan yang benar-benar rela hanya tinggal sedikit sekali frekuensinya. Kebanyakan dari mereka dapat dipastikan akan meminta sesuatu saat orang yang didukung menang pilkada.

"Berkaca pada pilpres, banyak yang tidak benar-benar rela mendukung. Pasti ada maunya semua dan kalau seperti ini bisa berbahaya," tambahnya.

Jika calon pemimpin tersebut baik dan mempunyai prinsip yang kuat, Siti menjelaskan seharusnya sudah dikatakan dari awal untuk tidak akan memberikan apa pun terhadap para relawan tersebut ketika sudah menjabat.

"Demokrasi akan hancur jika ada politik bagi-bagi kekuasaan kepada orang-orang yang tadinya hanya relawan saja. Bangsa ini bukan bangsa bagi-bagi," kata Siti. (Amriyono Prakoso)

Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved