Begini Rupa Puluhan Ribu Kosmetik Ilegal yang Digrebek di Jakbar

BPOM melancarkan penggerebekan di gudang yang ditempatkan untuk menampung produk kosmetik Ilegal.

Begini Rupa Puluhan Ribu Kosmetik Ilegal yang Digrebek di Jakbar
Warta Kota/Andika Panduwinata
Beberapa kosmetik Ilegal dalam kemasan botol, plastik, serta kardus yang disita BPOM. 

WARTA KOTA, TAMANSARI - Pihak Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melancarkan penggerebekan di gudang yang ditempatkan untuk menampung produk kosmetik Ilegal.

Penggeledahan tersebut dibantu dari jajaran kepolisian pada Selasa (29/3) malam.

Ada 4 titik yang digerebek petugas di wilayah Jakarta Barat.

Keempat titik ini berlokasi di Jalan Mangga Besar, Jalan Hayam Wuruk, Tamansari serta Jalan Widara dan Jalan Jelambar, Grogol Petamburan.

Petugas menemukan beberapa produk kosmetik Ilegal dari masing - masing tempat tersebut. Ada sekitar 200 lebih merk dan puluhan ribu kemasan.

"Produk kosmetik Ilegal yang kami sita berupa krim pemutih, perawatan wajah, pembersih muka, pelembab kulit, dan sabun," ujar Kepala Balai BPOM DKI, Dewi Prawitasari saat dimintai konfirmasi pada Rabu (30/3).

Beberapa kosmetik Ilegal ini ada yang dalam kemasan botol, plastik, serta kardus. Produk tersebut tak mengantongi izin edar dari BPOM dan tidak ada jaminan keamanan serta mutu kandungannya.

"Kosmetik ilegal ini didapatkan dari distributor, masih kami selidiki asal dan kandungannya produk tanpa izin itu," ucapnya.

Dewi mengungkapkan sejumlah produk kosmetik Ilegal ini diedarkan di seluruh wilayah Indonesia. Ia mengatakan pihaknya mengamankan dua tersangka di tempat usaha produksi kosmetik Ilegal tersebut.

"Ini bisa membahayakan masyarakat apabila memakainya. Label produk dari kosmetik ini berasal dari Thailand dan Tiongkok. Kami masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut," katanya. (dik)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved