Breaking News:

Kuliner Bogor

Menikmati Burger Bolognaise Berwarna Pelangi

Hidangan burger banyak tersedia dimana-mana.

Warta Kota/Ahmad Sabran
Sajian burger di Jalan Raya Pajajaran Nomor 21, Bogor Tengah, Kota Bogor ini cukup berbeda dengan burger kebanyakan. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Hidangan burger banyak tersedia dimana-mana. Mulai dari restoran cepat saji, hingga kaki lima di dekat sekolah-sekolah. Namun sajian burger di Jalan Raya Pajajaran Nomor 21, Bogor Tengah, Kota Bogor ini cukup berbeda dengan burger kebanyakan. Jika biasanya burger diapit roti bundar berwarna cokelat, maka beda dengan burger yang ditawarkan Burger Up Size. Warna hijau, merah, dan kuning seperti pelangi menjadi satu dalam sebuah roti milik Burger Up Size.

"Awalnya browsing-browsing terus ada burger hitam dan saya melihat kayaknya menarik," kata A Riswan selaku pemilik dan pengelola Burger Up Size kepada Warta Kota. Pertama kali jual burger, Riswan hanya menjual burger dengan roti berwarna hitam dan merah, tapi seiring berjalannya waktu, ide untuk mencari keunikan demi menarik minat pembeli pun muncul.

"Lalu saya modifikasi warnanya biar lebih berwarna lagi. Karena kalau hanya warna-warna standar sudah banyak dijual," kata Riswan. Selain pelangi, Up Size menyediakan pilihan roti dengan warna merah, pink, hitam, biru, dan merah-hitam. Perbedaan lainnya dengan burger kebanyakan adalah pada topping atau isi dari tumpukan burger. Topping di Up Size antara lain mac and cheese diatas patty nya. Ada juga bolognaise, dan korean chili. Sedangkan burger di tempat lain hanya standar isinya yakni mayonaise dan thousand island. Ia juga menegaskan bahwa semua topping tersebut homemade alias dibuat sendiri.

Dari sekian banyak topping, Anda akan menemukan burger tak hanya berisikan daging tetapi juga makaroni yang sebelumnya sudah melalui proses perebusan bercampur keju dan olahan lainnya sehingga berwarna oranye dan rasa yang gurih. "Rotinya saya pesan dari pabrik roti di Bandung yang sudah bersertifikasi, mereka yang membuat tetapi saran bahan-bahan pembuatannya dari saya, pewarnanya pun dari pewarna bakery (pewarna makanan)," ujar Riswan.

Sesuai namanya, burger yang disajikan memiliki beragam ukuran. Riswan menyediakan burger dengan ukuran diameter paling kecil lima centimeter sampai 30 centimeter. Ada juga yang standar ukurannya 10 centimeter. “Untuk yang 30 centimeter saya hanya jual seminggu sekali atau by order (pemesanan)," papar Riswan. Burger ukuran raksasa tersebut mampu dilahap sampai enam orang. Terbayang bukan serunya makan burger satu untuk beramai-ramai.

Sebelum membuka outlet, Riswan merintis usaha burgernya dengan mengikuti bazar dari satu tempat ke tempat lain diwilayah Bogor. "Dari bazar itu ternyata responnya luar biasa, kebanyakan memang maunya burger dengan warna lain, kalau burger standar justru enggak ada yang minat," tutur Riswan yang sudah membuka bisnis burger sejak Maret 2015 melalui bazar.

Burger Up Size memang tidak memiliki tempat mewah seperti restoran atau tempat makan lainnya. Terdapat juga beberapa meja di bagian luar ruangan yang cukup sejuk saat sore hari. Harga Burger Upsize berkisar Rp 12.000 hingga Rp 25.000 untuk ukuran kecil dan sedang. Sedangkan burger raksasa sekitar RP 130.000. Selain burger, juga ada hotdog hitam dan hotdog merah. Bagi yang tidak suka burger, bisa mencoba wings, fillet, sosis, dan kentang goreng. Pilihan menu minuman juga cukup banyak seperti green tea latte, thai tea, orange, ovaltine, cappucino, lemontea, dan milo, dengan harga Rp 8000 hingga Rp 12.000. (sab/vin)

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved