Breaking News:

Dari ITB Hingga Harvard Bisa Dipelajari Gratis di IndonesiaX

Menambah ilmu dan wawasan dari perguruan tinggi atau institusi terkemuka tidak perlu ribet. Cukup klik internet saja.

Acep Nazmudin
Menambah ilmu dan wawasan dari perguruan tinggi atau institusi terkemuka tidak perlu ribet. Cukup klik internet saja. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Menambah ilmu dan wawasan dari perguruan tinggi atau institusi terkemuka  tidak perlu ribet. Sebuah Situs kursus online terbuka besar-besaran (massive open online courses/MOOC) IndonesiaX menawarkan cara yang lebih mudah.

IndonesiaX adalah kursus online dimana pematerinyan diisi oleh sejumlah ahli dibidangnya masing-masing.

President Director & CEO IndonesiaX Lucy Mangoebdipoero mengatakan, dengan hanya membuka laman IndonesiaX, pengunjung bisa mendapatkan ilmu dari pemateri yang secara cuma-cuma.

Mulai hadir di Indonesia sejak Agustus 2015, saat ini IndonesiaX telah menjalin kerjasama dengan beberapa univeritas dan institusi diantaranya Institut Teknologi Bandung (ITB), Univeristas Indonesia (UI), Bursa Efek Indonesia (BEI), NET. Rumah Perubahan, Universitas Indonesia, Edx, dan HarvardX.

"MOOC IndonesiaX tidak terbatas pada topik akademis, tetapi ada juga topik yang terkait dengan keterampilan hidup yang penting," kata Lucy di Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (23/3/2016).

Lucy mengatakan, sebagai organisasi non-profit, IndonesiaX membagikan materi yang berupa video secara gratis.

"IndonesiaX gratis karena merupakan program yang bertujuan untuk memberikan pendidikan dengan kualitas terbaik bagi seluruh Indonesia," kata lulusa Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia itu.

Salah satu Pamateri dan Wakil Dewan Penasehat di IndonesiaX, Prof. Rhenald Kasali, metode belajar melalui MOOC saat ini memang sangat efektif dan penting di era globalisasi seperti sekarang.

Menurut Guru Besar Fakultas Ekonomi UI itu, kedepan orang-orang tidak lagi mengutamakan gelar dari perguruan tinggi lagi, namun kopetensi lah yang harus ditingkatkan.

"Di Indonesia saat ini gelar masih penting, tapi orientasi seperti itu harus diganti, dan orang harus bisa meracik sendiri masa depannya," kata dia.

IndonesiaX sendiri menurut Rhenald bisa dikembangakan lebih besar lagi supaya bisa menemukan orang-orang terbaik yang tidak memiliki kesempatan mendapatkan ilmu yang diinginkan.

"Dengan begini kita bisa mengajar ke pelosok Indonesia melalui IndonesiaX," kata pemateri yang telah memiliki ribuan siswa di IndonesiaX itu. (M7)

Caption foto : Organisasi IndoensiaX saat berkunjung ke Kompas Gramedia Group. (Acep Nazmudin)

Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved