Sidak Pasar Mayestik Penjualan Ayam Segar

Ini ngecek ayam ini sehat bagaimana ?

Sidak Pasar Mayestik Penjualan Ayam Segar
Warta Kota/Bintang Pradewo
Sidak Wakil Walikota Jakarta Selatan, Irmansyah di Pasar Mayestik 

WARTA KOTA, KEBAYORANBARU - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (23/3/2016) pagi. Sidak yang dilakukan Wakil Walikota Jakarta Selatan Irmansyah untuk melakukan pengawasan terhadap bahan pangan yang dijual di pasaran.

Apalagi, kasus terjangkitnya flu burung sedang marak terjadi di Jakarta Selatan. Beberapa waktu lalu, puluhan unggas di Cilandak Barat, Jakarta Selatan mati mendadak. Setelah dilakukan uji laboratorium oleh Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Selatan, unggas itu mati dikarenakan terkena virus flu burung.

Agar penyebaran unggas dipasaran tidak terinveksi virus flu burung, Irmansyah mencoba berkomunikasi dengan pedagang ayam yang ada di lantai dasar Pasar Mayestik. Dia mengecek dan melihat unggas jenis ayam yang berada di dalam empat kandang. Beberapa pedagang tampak antusias dengan kedatangan Irmansyah dan menjelaskan kalau barang dagangannya masih segar.

"Ini ngecek ayam ini sehat bagaimana ?" tanya Irmansyah kepada pedagang.

Sontak mendengar pertanyaan itu, Wati (40) salah seorang pedagang mengatakan bahwa ayam sehat dan sakit bisa terlihat dari perilakunya. Ketika, ayam dikeluarkan dari kandang berteriak kukuruyuk maka ayam itu masih sehat.

"Disini sehat semua pak dan segar-segar pak. Sehat pokoknya ngga ada yang sakit," tutur wanita yang puluhan tahun berjualan unggas jenis ayam itu.

Dia mengatakan bahwa penjualan ayam tidak menurun. Walaupun ada pemberitaan terkait maraknya virus flu burung yang menjangkit ayam-ayam itu. Untuk satu ekor ayam dijual antara Rp 35.000 sampai Rp 40.000.

"Masih banyak kok pembelinya. Karena seminggu sekali ada pemeriksaan juga," kata perempuan yang membeli ayam-ayam itu dari PD Kartika Eka Dharma, Jakarta Barat.

Irmansyah meminta agar pedagang lebih waspada terhadap penjualan ayam. Karena memang diketahui penjualan ayam harus tetap aman kepada masyarakat.

Pengawasan Keamanan Pangan Terpadu di lima pasar, Rabu (23/3). Kelima pasar yang diambil sampelnya tersebut adalah Pasar Mayestik, Pasar Pondok Indah, Pasar Kebayoran Lama, Pasar Blok A dan Pasar Cidodol, untuk kemudian di tes di laboratorium mobile yang didirikan di Pasar Mayestik.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved