Formula 1

Rio Siap Bikin Kejutan

Pembalap tim Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto membidik posisi 15 besar pada Grand Prix perdana Formula 1 (F1) musim 2016

Rio Siap Bikin Kejutan
Kompas.com
Pembalap nasional Rio Haryanto. 

WARTA KOTA, SENAYAN - Pembalap tim Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto membidik posisi 15 besar pada Grand Prix perdana Formula 1 (F1) musim 2016 di Sirkuit Albert Park Melbourne, Australia, akhir pekan ini.

“Kami berharap membuat kejutan dengan masuk 15 besar. Kami tahu Manor Racing adalah tim papan bawah. Tapi, ini adalah perlombaan F1 pertama musim 2016 sehingga banyak hal bisa terjadi,” kata Rio di Jakarta, Senin (14/3).

Menurut Rio, mobil MRT05 yang ditungganginya mengalami banyak pembaruan dengan mesin Mercedes-Benz PU106C Hybrid sehingga dapat melaju dua detik lebih cepat dari sebelumnya.

“Beberapa teknisi kami juga merupakan mantan teknisi Ferrari dan McLaren. Kami terus mengembangkan hal teknis untuk lebih mempercepat laju mobil,” tambah pembalap berusia 23 tahun itu.

Sesi latihan
Rio mengaku bakal memanfaatkan tiga kali sesi latihan, mulai Jumat (18/3) hingga Minggu (20/3) untuk lebih mengenal sirkuit Melbourne.

“Sesi kualifikasi akan sangat baru bagi semua pembalap karena adanya aturan baru. Enam menit pertama sesi kualifikasi akan sangat sulit. Kami harus keluar dari sesi kualifikasi tepat waktu dan mendapatkan catatan waktu secepat mungkin,” kata pembalap yang mengawali karier sejak usia enam tahun itu.

“Kami memilih ban compound medium dengan empat set ban medium dan enam set ban soft. Saya telah mempelajari sirkuit Melbourne dengan simulator dan menonton video untuk mencari breaking points,” tambahnya.

Selain Rio dan Pascal Wehrlein dari Jerman, Manor juga menyertakan dua pembalap pengganti yaitu Jordan King (Inggris) serta Alexander Rossi (Amerika Serikat).

Janji Wapres
Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) M Jusuf Kalla berkomitmen mencarikan dana tambahan untuk Rio.

“Tadi saya juga tanya soal pembiayaan. Nanti saya akan bantu selesaikan. Saya yakin bisa, saya upaya, bisalah,” kata Wapres seusai bertemu Rio di kantor Wapres Jakarta, Kemarin. (nir/fer/eko)

Penulis: Syahrul Munir
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved