Terapi Ozon Maut

Chamber RUBT Untuk Atasi Dekompresi Anggota TNI

Terapi untuk yang mengalami decompression sickness atau penyakit yang timbul akibat terlalu lama melakukan penyelaman.

Chamber RUBT Untuk Atasi Dekompresi Anggota TNI
Warta Kota/Dwi Rizki
Rumah Sakit TNI AL dr Mintoharjo, Benhil, Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

WARTA KOTA, TANAH ABANG -- Chamber atau Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) Rumah Sakit Mintoharjo yang mengakibatkan tewasnya empat orang dalam terapi ozon pada Senin (14/3/2016) siang senyatanya merupakan ruang pemulihan bagi anggota TNI Angkatan Laut yang mengalami decompression sickness atau penyakit yang timbul akibat terlalu lama melakukan penyelaman.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan TNI Angkatan Laut, Kolonel Lukman usai melakukan jumpa pers di Rumah Sakit Mintoharjo pada Senin (14/3/2016).

Dalam kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan, selain dapat digunakan sebagai pemulihan para anggota elit TNI Angkatan Laut seperti Kopaska, chamber juga dapat digunakan sebagai alat terapi kesehatan.

Sebab, lanjutnya, sesuai dengan sistem kerja alat, yakni memaparkan ozon atau oksigen murni pada seluruh tubuh, peredaran darah pasien akan lancar dan mengandung oksigen tinggi untuk regenerasi sel ataupun penyembuhan diri sendiri dari penyakit.

"Dekompresi (decompression sickness-red) pada manusia dikarenakan penyelaman, karena tekanan dalam air dengan  tekanan di luar air itu berbeda. Tubuh manusia menyesuaikan akibat tekanan tersebut, tetapi dampaknya kandungan nitrogen dalam darah tinggi yang menyumbat aliran darah dan saraf. Lewat chamber ini, kadar oksigen akan ditambah, sehingga dapat kembali stabil seperti semula," jelasnya.

Karena itu, lanjutnya, penggunaan chamber terhadap masyarakat umum bagi pengobatan sudah diterapkan pihak Rumah Sakit Mintoharjo sejak tahun 2013 lalu.

Namun, terapi tersebut ditekankannya harus melalui rekomendasi dokter serta pasien harus melewati rangkaian pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu sebelum melakukan terapi ozon.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved