Fenomena Alam

Begini Pengaruh Gerhana Matahari Terhadap Perilaku Lumba-Lumba

DRH Hagi Yulia Sugeha, Peneliti LIPI menerangkan kronologis pengaruh gerhana matahari terhadap perilaku lumba-lumba, yang ada di Ancol.

Begini Pengaruh Gerhana Matahari Terhadap Perilaku Lumba-Lumba
Warta Kota/Panji Bhaskara Ramadhan
Hagi Yulia Sugeha 

WARTA KOTA, PADEMANGAN - DRH Hagi Yulia Sugeha, selaku Peneliti Biodiversitas dan Konservasi Sumber Daya Laut Pusat penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Penelitian Imiah (LIPI) menerangkan kronologis pengaruh gerhana matahari terhadap perilaku lumba-lumba, yang ada di di Dolphin Park Ocean Dream Samudra (ODS) Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Rabu (9/3/2016).

Menurut dia, pada kondisi saat gerhana matahari berlangsung, lumba-lumba justru lebih banyak beristirahat di dasar kolam.

"Lumba-lumba itu beristirahat dan banyak menyembunyikan diri di bawah kolam air. Hanya sesekali mengambil nafas ke permukaan kolam dengan memunculkan moncongnya, lalu segera berenang lagi ke dasar kolam," kata wanita berjilbab yang akrab disapa Yuli ini.

Tak hanya itu, Yuli mengatakan lumba-lumba tersebut tidak terlihat menyeburkan air dari lubang pernafasannya.

"nyaris tidak ada gerakan menyemburkan ke udara dari lumba-lumba itu. Biasanya, lumba-lumba kan sering melakukan itu di alam. Hanya karena dia takut dengan kondisi seperti ini. Saat gerhana, mereka mengurangi aktivitas hanya dengan memunculkan moncongnya saja. Sebelum gerhana itu terjadi, mereka berkeliaran berenang kesana dan kemari di kolam tersebut," ungkapnya.

Menurut dia, tujuan melakukan pengamatan terhadap perilaku lumba-lumba saat gerhana matahari berlangsung, menjadi suatu edukasi yang khususnya untuk anak-anak.

"Kita hanya ingin lihat, ada aktivitas atau tingkah lakunya tetap berjalan atau tidak terhadap lumba-lumba itu. Kita amati tadi bisa lihat bahwa walaupun pada kondisi yang sudah diatur, treatment, masih terlihat karakter alamiah hewan yang pada dasarnya melindungi diri. Mereka merespons kondisi perubahan lingkungannya sendiri," ucapnya.

Penulis:
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved