Djarum Foundation Bangun Studio Animasi Kelas Internasional di Kudus

Triawan pun tak segan memberikan apresiasi kepada Studio Animasi SMK Raden Umar Said ini

Djarum Foundation Bangun Studio Animasi Kelas Internasional di Kudus
Warta Kota/Gopis Simatupang
Tampak luar Studio Animasi SMK Raden Umar Said; 

WARTA KOTA, KUDUS - Seiring kemajuan zaman, seni animasi dunia pun terus berkembang. Dengan keragaman budaya dan talenta kreatif berjumlah besar, Indonesia berpotensi menjadi pusat industri animasi dunia. Untuk itu, dibutuhkan sistem pendidikan yang dapat menciptakan peluang bagi generasi muda Indonesia membangun industri animasi di negeri ini.

Guna menjawab tantangan tersebut, Djarum Foundation bersama dengan Autodesk dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation mendirikan satu bangunan studio beserta kurikulum kejuruan animasi di SMK Raden Umar Said, Kudus, Jawa Tengah.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf, meresmikan bangunan bernama RUS Animation Studio itu, Senin (7/3). RUS sendiri diambil dari kependekan nama sekolah tersebut, yakni Raden Umar Said.

Selain Triawan, acara peresmian Studio Animasi SMK Raden Umar Said juga dihadiri Bupati Kudus Musthofa, Program Manager Autodesk Education Lili Setiawati, Managing Director Sumitomo Mitsui Banking Corporation Ryuji Nishisaki, serta Vice President Director Djarum Foundation Agus Siswanto Wibawa.

RUS Animation Studio menerapkan kurikulum yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan industri animasi saat ini, yaitu pembuatan film animasi tiga dimensi, atau 3D Animation.

Triawan pun tak segan memberikan apresiasi kepada Studio Animasi SMK Raden Umar Said ini. " Saya tadi sekilas berjalan di ruang studio. Apa yang selama ini saya lihat di berbagai studio di luar negeri, working station terbuka yang nyaman dan sangat informatif, semua ada di sini," bilang Triawan.

"Sehingga nanti kalau siswa-siswa ini bekerja di studio-studio di luar negeri mereka tidak akan kaget karena mereka tidak akan bekerja di dalam ruangan yang kaku seperti di SMK-SMK lain. Mereka bekerja persis seperti di studio-studio luar negeri yang saya kunjungi, seperti Walt Disney dan Pixar," ujar ayah penyanyi Sherina Munaf itu.

Studio animasi SMK Raden Umar Said Kudus mampu mengerjakan seluruh rangkaian proses pembuatan film animasi 3D, dimulai dari pembuatan naskah, storyboard dan desain karakter.

Hasil proses persiapan produksi tersebut dilanjutkan dalam tahap produksi, mulai dari pembuatan model karakter, tekstur, gerakan, hingga penambahan efek visual dan pencahayaan.

Proses produksi ini menggunakan Autodesk Maya, yaitu piranti lunak yang digunakan dalam pembuatan film animasi dunia seperti Frozen dan Finding Nemo.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved