Traffic Update

Sering Kecelakaan dan Macet, Jalur Perimeter Bandara Kembali Searah

PT Angkasa Pura II dan Polresta Bandara Soekarno Hatta berencana membuat jalur perimeter di Bandara Soekarno Hatta kembali menjadi satu arah.

Sering Kecelakaan dan Macet, Jalur Perimeter Bandara Kembali Searah
Warta Kota/Banu Adikara
Suasana jalur Perimeter Selatan Bandara yang lengang, Selasa (23/2) siang. 

WARTA KOTA, TANGERANG - PT Angkasa Pura II dan Polresta Bandara Soekarno Hatta berencana membuat jalur perimeter di Bandara Soekarno Hatta kembali menjadi satu arah.

Banyaknya kecelakaan di jalur perimeter merupakan salah satu faktornya.

"Frekuensinya termasuk sangat sering. Biasanya sepeda motor yang kecelakaan," ujar Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II, Agus Haryadi pada Selasa (23/2).

Agus mengatakan, jumlah korban jiwa akibat kecelakaan di jalur perimeter, baik Perimeter Utara maupun Perimeter Selatan, sudah lebih dari 10 orang.

"Jalurnya memang sangat sempit untuk dua arah. Kecelakaan biasanya kerap terjadi akibat kendaraan yang mencoba menyalip, atau yang memacu dengan kecepatan tinggi dan akhirnya menabrak, " kata Agus.

Selain itu, kata Agus, kemacetan hebat juga kerap terjadi pada jam-jam tertentu. Solusi penangannya pun, disamping kembali membuat dua jalur itu satu arah, masih dalam kajian.

"Kalau pagi biasa Perimeter Selatan yang mengarah ke Tangerang suka bikin macet cukup panjang sampai gapura bandara sementara pada sore hari, Perimeter Utara yang bermasalah karena ada penumpukan kendaraan ke arah Dadap dan Rawa Bokor," kata Agus.

Untuk diketahui, Jalur Perimeter Selatan tadinya hanya digunakan untuk akses masuk bandara oleh kendaraan dari Tangerang.

Sementara, Jalur Perimeter Utara digunakan untuk akses keluar dari bandara menuju Tangerang.

Dua jalur ini akhirnya dibuat dua arah akibat banyaknya kendaraan dari arah Rawa Bokor yang hendak menuju Tangerang maupun Tol Sedyatmo Jakarta sebaliknya memutar balik di kawasan bandara, yang akhirnya berujung pada kemacetan parah. (Banu Adikara)

Penulis: z--
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved