Breaking News:

Siasati Kantong Plastik Berbayar, Supermarket Ini Sediakan Kardus Gratis

Penerapan kantong plastik berbayar masih perlu disosialisasikan dan masih banyak konsumen yang kaget.

Siasati Kantong Plastik Berbayar, Supermarket Ini Sediakan Kardus Gratis
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Warga sudah membawa kantong bahan atau kantong kain sendiri dari rumah, yang bisa dipakai berulang saat berbelanja di usaha ritel modern, di Depok, Minggu (21/2/2016). Kesadaran warga ini menyambut diterapkannya kebijakan kantong plastik berbayar di Depok.

WARTA KOTA, DEPOK - Penerapan kantong plastik berbayar di Kota Depok mulai Minggu (21/2), disiasati oleh sejumlah usaha ritel dengan menyediakan kardus gratis bagi konsumen untuk membawa barang belanjaannya.

Hal ini terjadi diantaranya di Hypermart di Cinere Belleuve Mall, Depok.

Manager On Duty Hypermart Cinere Belleuve Mall, Eko Budianto, menuturkan kardus yang disediakan pihaknya diberikan gratis bagi konsumen yang tidak mau membeli kantong plastik berbayar Rp 200 per kantong, di hari pertama penerapan kebijakan ini.

"Kardus gratis, sebagai pengganti kantong plastik berbayar," kata Eko, kepada Warta Kota, Minggu (21/2).

Menurutnya kebijakan ini dilakukan karena penerapan kantong plastik berbayar masih perlu disosialisasikan dan masih banyak konsumen yang kaget.

Walaupun begitu, Eko enggan menyebutkan sampai kapan pemberian kardus gratis ini terus dilakukan. "Tergantung pusat," katanya.

Adanya hal ini justru mendapat kecaman sebagian masyarakat yang mengaku sudah siap dengan penerapan kantong plastik berbayar.

"Kalau masih disediakan kardus juga, kapan masyarakat sadarnya," kata Norma (42) usai berbelanja di Hypermart di Cinere Belleuve Mal, Depok, kepada Warta Kota, Minggu (21/2).

Menurut Norma, penyediaan kardus plastik oleh pihak Hypermarket justru tidak mendidik dan tidak menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk pentingnya mengurangi sampah plastik.

"Harusnya pelaku usaha ritel gak boleh seperti ini menyediakan kardus gratis. Itu sama saja gak mendidik masyarakat," katanya.

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved