Toyota Kucurkan Modal Rp 5,4 T di Indonesia

Toyota Motor Corporation (TMC) meningkatkan realisasi investasi di Indonesia, termasuk penambahan modal Rp 5,4 triliun pada tahun ini.

WARTA KOTA, PALMERAH-Toyota Motor Corporation (TMC) terus meningkatkan realisasi investasi di Indonesia. Tahun ini, mereka berencana menanamkan modal sebesar Rp 5,4 triliun. Langkah ini menunjukkan kepercayaan investor global terhadap iklim investasi dan prospek industri otomotif di Indonesia.

Menteri Perindustrian Saleh Husin memastikan kabar tersebut saat bertemu dengan Executive Vice President TMC Seiichi Sudo di Nagoya, Jepang, Kamis (18/2/2016).

”Toyota serius berbisnis di Indonesia. Tahun ini akan berinvestasi Rp 5,4 triliun, setelah tahun 2015 menanam modal Rp 5 triliun. Dalam kurun waktu lima tahun, sejak 2015 hingga 2019, total rencana investasi Toyota sebesar Rp 20 triliun,” kata Saleh dalam keterangan resmi.

TMC termasuk perusahaan global yang setia mengguyur modal. Flashback pada 2014, prinsipal asal Negeri Sakura itu telah merealisasikan penanaman modal di Indonesia sebesar Rp 40 triliun. Saat ini, perusahaan tengah merampungkan pabrik mesin (engine plant) di Karawang, Jawa Barat.

Saleh mengapresiasi kepercayaan Toyota yang terus menerus berinvestasi di Indonesia dan telah menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan investasi dan basis produksi mobil Toyota hingga saat ini.

”Saya mengajak TMC agar tidak tanggung-tanggung di Indonesia, maka saya minta Toyota dan mitranya di Jepang untuk terus meningkatkan investasi di sektor otomotif terutama bahan baku dan komponen, dan mulai secara bertahap melakukan kegiatan R&D di Indonesia untuk lebih memperkuat struktur industri otomotif Jepang yang ada di Indonesia saat ini,” lanjut Saleh.

Sementara itu, Sudo mengatakan bahwa Toyota menempatkan Indonesia sebagai negara yang penting. ”Ke depan, kami akan menjadikan Indonesia sebagai basis industri berorientasi ekspor dan Toyota ingin berkontribusi bagi penguatan industri otomotif yang memberikan nilai tambah," ujar Sudo.

Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved