Penggusuran Kalijodo

Ribuan Aparat Kepung Kalijodo, Kapolda Metro : Jangan Heran Ya

Ribuan personel gabungan dari polisi, tentara, dan Satpol PP menggelar Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) di kawasan Kalijodo

Ribuan Aparat Kepung Kalijodo, Kapolda Metro : Jangan Heran Ya
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Sejumlah petugas Polda Metro Jaya memilah sejumlah anak panah yang ditemukan di kafe hasil operasi di Kalijodo, Sabtu (20/2). 

WARTA KOTA, PENJARINGAN— Ribuan personel gabungan dari polisi, tentara, dan Satpol PP menggelar Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) di kawasan Kalijodo, Jalan Kepanduan II RW 05, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (20/2/2016).

Operasi Pekat, kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Tito Karnavian diminta warga untuk tidak terheran-heran.

"Jangan heran juga kita semua adakan operasi pekat di sini. Sebenarnya operasi ini sudah kita lakukan cukup banyak dalam satu bulan terakhir. Terutama ketika peristiwa di Berland (Jakarta Timur). Anggota menggebrek narkotik kemudian pelaku membunuh dua orang," katanya di Kalijodo.

Dirinya melanjutkan, "Nah yang seperti itu kan kita lakukan pasti dalam operasi besar, dengan hampir kekuatan seribu personel. Saya dan Pomdan saat itu memimpin langsung, kemudian saya perintahkan operasi seperti ini di kampung-kampung narkoba, seperti Kampung Ambon, Kampung Bahari, dan Tanah tinggi, itu kita lakukan operasi yang sama persis seperti ini," lanjutnya.

Adanya operasi tersebut, menurut dia, kampung-kampung yang mendapat julukan 'Kampung Narkoba' kini sudah bersih. Operasi ini pun wajib dikatakannya dikerahkan sebanyak hampir 3 ribu orang.

"Adanya operasi ini guna kampung-kampung narkoba itu yang sekarang jadi relatif bersih. Di tempat ini saja kita kerahkan 2 sampai 3 ribu anggota lebih, sebab potensi kerawanannya cukup tinggi. Jadi kita tidak ingin mati konyol, atau jangan sampai anggota cuma 10-50 orang kemudia terjadi konflik ada korban lagi," tuturnya.

Menurut dia, operasi pekat yang dilakukan tak hanya kafe-kafe di Kawasan Kalijodo. Apabila ada yang mencurigakan, tutur Tito, pihaknya juga akan melakukan penggeledahan di rumah-rumah warga.

"Tergantung sitiuasinya ya, untuk hari ini yang paling utama itu adalah kafe-kafe saja. Kalau seandainya kita dapatkan operasi ada narkotika, miras, sajam yang ilegal di tempat lain, termasuk di rumah warga pun operasi ini akan kita lakukan. Boleh mendemo kita namun dengan tata cara yang diatur UU atau harus memberitahukan kepada kita, atau pun termasuk dalam upaya paksa," ucapnya.

Penulis: Panjibaskhara
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved