19 Pedagang Ikut Undian Lokbin Kramatjati

Sedikitnya 19 dari 70 pedagang kaki lima di lokasi binaan di Jalan Nusa 1, Kramatjati, Jakarta Timur mengikuti undian minggu depan.

19 Pedagang Ikut Undian Lokbin Kramatjati
Sejumlah pedagang mengambil nomor undian untuk penempatan di Lokbin Kramatjati, Jakarta Timur.

WARTA KOTA, KRAMATJATI-Sedikitnya 19 dari 70 pedagang kaki lima di lokasi binaan (Lokbin) yang berada di Jalan Nusa 1, Kramatjati, Jakarta Timur akan mengikuti undian pada minggu depan. Sebelumnya 51 pedagang telah lebih dulu mengikuti undian untuk menempati los yang sudah selesai direnovasi.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Irwandi mengatakan, mereka yang akan mengikuti pengundian tersebut adalah pedagang yang berjualan daging dan ikan. Hal ini mengingat dari 19 pedagang yang terdaftar, 15 di antaranya pedagang ikan dan sisanya daging.

"Pedagang yang sudah mengikuti undian adalah mereka yang berjualan sayur mayur dan buah-buahan, kalau pedagang daging dan ikan belum karena tempatnya beda. Mereka semua adalah pedagang eksisting dan tidak ada yang baru," kata Irwandi, Rabu (10/2).

Ia menegaskan bahwa para pedagang yang sudah mendapatkan unit di lokbin tersebut dilarang untuk menyewakannya kepada orang lain. Jika terbukti ada penyimpangan, pihaknya siap memberikan sanksi tegas. "Kalau ada yang double atau disewakan, langsung bongkar, enggak ada toleransi," ucapnya.

Mengenai bentuk lokbin yang dibuat model hanggar atau terbuka, Kepala Suku Dinas KUMKMP DKI Jakarta Arfian menuturkan hal itu sengaja dilakukan pihaknya. Ia beralasan hal tersebut agar tidak ada yang memanfaatkan lokbin sebagai tempat tinggal.

"Kenapa enggak model kios, biar enggak ada orang yang tidur. Kalau ditutup nanti malah dipakai tidur, makanya pakai konsep terbuka kecuali kelontong. Itu juga tutupnya enggak boleh nginep," katanya.

Salah seorang pedagang yang sudah mengikuti undian, Sutrisno (47) mengaku senang dengan adanya Lokbin Kramatjati. Pedagang sayur mayur itupun mengaku sudah tidak sabar untuk berjualan di tempat baru. "Senang lah punya tempat baru dan rapi kayak begini. Semoga aja nanti banyak pembeli yang datang kemari," katanya.

Lokbin Kramatjati berdiri di atas lahan seluas 1.800 meter persegi dengan memiliki kapasitas 70 pedagang dimana mereka nantinya akan berjualan mulai dari sayur mayur, buah-buahan, daging hingga ikan. Renovasi Lokbin Kramatjati menelan biaya Rp 800 juta dengan waktu pengerjaan selama tiga bulan.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved