Polwan Ini Peraih Gelar Doktor Psikologi Pertam di Polri

Polwan yang juga seorang psikolog, AKBP Rinny Wowor, sukses mendapat gelar doktor psikologi dari Universitas Indonesia.

Polwan Ini Peraih Gelar Doktor Psikologi Pertam di Polri
Wartakotalive.com/Ahmad Sabran
Polwan yang juga seorang psikolog, AKBP Rinny Wowor, sukses mendapat gelar doktor psikologi dari Universitas Indonesia. 

WARTA KOTA, PALMERAH— Seorang polisi wanita (polwan) yang juga seorang psikolog, AKBP Rinny Wowor, sukses mendapat gelar doktor psikologi dari Universitas Indonesia.

Wanita yang menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Seleksi Psikologi Personel Biro Psikologi Staf Sumber Daya Manusia Polri ini menjadi anggota Polri yang pertama mendapat gelar doktor di bidang psikologi.

Akibat pencapaian gelar doktornya ini, dia mendapat ucapan selamat dari Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian, serta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama.

Menurut Rinny, bukan hal yang mudah untuk mendapat gelar ini. Terlebih ia tetap menjalankan tugas sebagai prajurit Bhayangkara sambil mengerjakan disertasi.

"Bagi (polisi) yang lain semoga bisa termotivasi dengan saya ini, jangan merasa puas dengan apa yang ada," ujarnya usai menerima gelar dari Universitas Indonesia, Selasa (12/1).

Ia menyusun disertasi berjudul "Budaya senjang kekuasaan, Rasa Percaya dan Unjuk Kerja; Analisis Mediasi Termoderasi Pengaruh Kepemimpinan Melayani dan Komitmen Afektif Terhadap Unjuk Kerja Petugas Pemolisian Komunitas".

Promotor AKBP Rinny Wowor,  Prof Hamdi Muluk, mengatakan, Rinny bukanlah polisi sembarangan. "Dia adalah de la cream-nya polisi, semua orang pasti sepakat dia dibilang begitu," ujarnya, saat mendampingi bimbingannya itu menerima gelar doktor.

Rinny yang juga istri dari Brigjen Pol Yazid Fanani ini, kata Hamdi, adalah seorang polisi yang gigih, ulet dan tahan banting.

"Memulai karir (polisi) di jalur bintara tentu tidak mudah, beda halnya dengan lulusan sekolah perwira," ucap Hamdi.

Hamdi pun mengungkapkan, atas kegigihan Rinny, dia menjadi yang pertama menjadi AKBP di angkatannya, dan peluang menjadi Kombes pun terbuka lebar.

Menurut Hamdi, dengan gelar doktor ini, karier Rini di Polri akan terus menanjak. "Jangan-jangan bisa menjadi bintang (brigjen). Saya yakin, karier beliau akan cepat menanjak, karena masih banyak yang harus diperbuat untuk Polri dan untuk negeri ini," jelasnya.

Penulis: Ahmad Sabran
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved