resensi buku

Internet dalam Genggaman Pelapak

Revolusi digital menyebabkan perubahan luar biasa di segala bidang, termasuk bisnis skala kecil dan menengah (UKM).

Editor: Andy Pribadi
Kompas/Totok Wijayanto
Cover buku Digital Enterpreneurshift. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Revolusi digital menyebabkan perubahan luar biasa di segala bidang, termasuk bisnis skala kecil dan menengah (UKM).

Perubahan perilaku konsumen akibat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mendorong pelaku UKM berkiprah ke dunia perdagangan elektronik (e-dagang).

Kajian McKinsey Global Institute menyebutkan, UKM yang memanfaatkan TIK berpotensi berkembang dua kali lebih cepat.

Kajian lain yang dilakukan oleh Deloitte Access Economics menyatakan, transformasi pelaku UKM ke media digital bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 2 persen.

Lembaga ini memprediksi makin banyak UKM Goes Digital sehingga berpeluang membawa negara ke posisi berpenghasilan menengah pada 2025.

Hal pertama yang harus dimiliki wirausaha (entrepreneur) di era digital adalah pola pikir positif untuk selalu sukses dan berani berinovasi.

Melakukan kolaborasi adalah langkah berikutnya.

Beberapa strategi tersebut merupakan intisari dari kumpulan artikel penulis yang dimuat di kolom Klinik UKM pada situs www.indotelko.com.

Setiap artikel mengandung unsur kepemimpinan, pemasaran dan manajemen strategis, berikut ilustrasinya, untuk mempermudah pemahaman seputar permasalahan bisnis.

Diungkapkan implementasi kolaborasi melalui konsep kampung UKM Digital yang melibatkan lima pihak, dikenal dengan Pentahelix.

Kelimanya adalah kalangan akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, dan media. (Tgh/Litbang Kompas)

Sumber: KOMPAS
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved