Budi Kaliwono Targetkan PT Transjakarta Layani Satu Juta Penumpang Per Hari

Selama ini kan bus Transjakarta baru mampu mengangkut 320 ribu penumpang per hari

Budi Kaliwono Targetkan PT Transjakarta Layani Satu Juta Penumpang Per Hari
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Sertijab Dirut PT Transjakarta yang Baru dari Antonius Kosasi (Berkaca mata) kepada Budi Kaliwono (batik coklat) 

WARTA KOTA, KRAMATJATI - Direktur Utama PT Transjakarta yang baru, Budi Kaliwono mulai menyiapkan sejumlah rencana dan target di perusahaan yang bergerak dibidang transportasi publik tersebut. Ia menargetkan PT Transjakarta mampu melayani juta penumpang setiap harinya.

"Kita concern ke pelayanan, kalau bisa ditingkatkan sampai 1 juta penumpang per hari dan itu pastinya luar biasa. Selama ini kan bus Transjakarta baru mampu mengangkut 320 ribu penumpang per hari," ujar Budi di kantor PT Transjakarta, Jakarta Timur, Kamis (7/1).

Untuk mencapai target tersebut, sejumlah langkah pun diambil seperti pengadaan armada bus yang baru hingga sterilisasi jalur busway. Khusus pengadaan bus baru, Budi menargetkan pihaknya mampu menyediakan 1.000 unit pada tahun 2016. Selain itu, bus-bus yang selama ini bermasalah seperti rusak maupun terbakar, juga akan menjadi fokusnya selama memimpin PT Transjakarta.

"Nantinya kita akan pilih bus dari Eropa karena perawatannya lebih mudah. Tapi ATPM-nya (Agen Tunggal Pemegang Merk) harus eksis di Indonesia. Kan tidak mungkin kita pilih armada yang tidak punya ATPM di Indonesia," jelasnya.

Sementara itu terkait upayanya untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan para pengguna bus Transjakarta, Budi akan membentuk pelatihan bagi para sopir. Budi menilai saat ini sopir bus Transjakarta sudah lebih baik daripada sopir angkutan lain. Namun demikian, ia masih ingin menekankan kedisiplinan bagi para sopir bus.

"Masalah keamanan ini harus jadi frame lock di kepala mereka, jadi tidak sekadar aman. Kita akan lakukan pelatihan supaya para sopir bisa lebih tertib lagi di jalanan," ucapnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved