Koran Warta Kota

5 Orang Paling Tajir di Indonesia

Kekayaan para miliader, termasuk orang-orang super-kaya di Indonesia, mengalami penurunan.

5 Orang Paling Tajir di Indonesia
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
Chairul Tanjung. 

WARTA KOTA, PALMERAH— Tahun 2015 bukan merupakan tahun yang baik bagi perekonomian. Akibatnya, kekayaan para miliader, termasuk orang-orang super-kaya di Indonesia, mengalami penurunan.

Mengutip Forbes, Jumat (4/12), orang-orang superkaya yang termasuk dalam daftar Indonesia's 50 Richest mengalami kemerosotan kekayaan sebesar 9 persen atau sekitar 9 miliar dollar AS (sekitar Rp 123,3 triliun dengan kurs Rp 13.700 per dollar AS).

Tercatat, hanya 10 orang dalam daftar Indonesia's 50 Richest yang mengalami peningkatan kekayaan. (Baca: Kekayaan Miliarder Indonesia Melorot Rp 123 Triliun) Keluarga Hartono masih menempati posisi teratas dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia.

Berikut 5 orang terkaya di Indonesia tahun ini:

1. Keluarga Hartono

Keluarga ini menduduki peringkat teratas daftar orang-orang terkaya Indonesia tahun 2015 versi majalah Forbes dengan kekayaan mencapai 15,4 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 214,8 triliun.

Kekayaan ini diperoleh keluarga Hartono dari konglomerasi Grup Djarum yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari rokok, perkebunan, e-commerce, hingga perbankan.

2. Susilo Wonowidjojo

Pemilik pabrik rokok Gu­dang Garam ini memiliki kekayaan mencapai 5,5 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 76,7 triliun.

3. Anthoni Salim

Anak almarhum Sudono Salim atau Liem Sioe Liong ini memiliki kekayaan mencapai 5,4 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 75,3 triliun. Ia adalah nakhoda Salim Group, yang membawahkan salah satunya raksasa industri mi instan, PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

4. Eka Tjipta Widjaja

Pendiri Sinar Mas Group ini mempunyai kekayaan mencapai 5,3 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 73,9 triliun.

5. Chairul Tanjung

Pengusaha ini memiliki kekayaan mencapai 4,8 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 66,9 triliun. Pria yang pernah menempati jabatan Menteri Koordinator Perekonomian ini memiliki beragam usaha di bawah bendera Trans Corp, mulai dari media, ritel, perbankan, hingga hotel. (kps)

Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved