Formula 1

Rio Haryanto Dapat Dana Tambahan

Asa pembalap nasional Rio Haryanto berlaga di ajang Formula 1 (F1) semakin mendekati kenyataan setelah mendapat suntikan dana 5,2 juta euro

Rio Haryanto Dapat Dana Tambahan
Kompas.com
Pembalap nasional Rio Haryanto. 

WARTA KOTA, SENAYAN - Asa pembalap nasional Rio Haryanto berlaga di ajang Formula 1 (F1) semakin mendekati kenyataan setelah mendapat suntikan dana 5,2 juta euro untuk memenuhi persyaratan berlaga di lomba balap ‘jet darat’ tahun depan.

Rio membutuhkan dana sponsor sebesar 15 juta euro (sekitar Rp 231 miliar) untuk tampil di F1 2016 bersama tim balap asal Inggris, Manor. Sejauh ini, manajemen Rio sudah mengantongi dana bantuan sekitar 5 juta euro dari Pertamina.

“Kami terus membantu persiapan Rio menuju F1. Terbaru, BUMN telah memberi bantuan 5,2 juta euro setelah Pertamina membantu 5 juta euro,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, dilansir kompas.com, Senin (28/12).

“Kami akan terus berkomunikasi dan mencari bantuan kepada pengusaha, namun karena akhir tahun banyak pengusaha yang libur sehingga belum bisa ditemui. Meskipun Rio akan memperkuat tim Manor jangan dianggap sebagai kelas tiga. Tetapi, ini menjadi potensi ke depan supaya Indonesia bisa menggelar F1 karena kita sudah memiliki pembalapnya,” tambah Menpora.

Sementara itu, Deputi V Kemenpora Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Olahraga, Gatot S Dewabroto menjelaskan pihak Rio sudah menandatangani kontrak dengan Manor melalui pihak manajemennya, Kiki Sport. Di mana peran Kemenpora? Selain mencarikan bantuan dana, Kemenpora juga akan menyuntik euro kepada Rio.

“Kewajiban pemerintah nantinya akan membantu membayar 30-40 persen. Semoga dana dari Kemenpora segera turun,” ucap Gatot.

Adapun sistem pembayaran yang dilakukan Kemenpora akan melalui tiga tahap.

“Pembayaran pertama akan dikeluarkan tiga minggu setelah penandatanganan kontrak dengan Manor. Pembayaran kedua, dilakukan dua minggu setelah Rio turun ke lapangan (Maret), kemudian pembayaran ketiga akan dibahas lebih lanjut lagi di Kemenpora. Yang terpenting, 2016 proses pembayarannya sudah selesai semua,” tutupnya. (eko)

Penulis:
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved