Haul Gus Dur

Ahok: Saya Pernah Didoakan Jadi Gubernur dan Presiden oleh Gus Dur

Gubernur Basuki Tjahaja Purnama menceritakan peran penting mantan Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dalam kehidupan politiknya.

Ahok: Saya Pernah Didoakan Jadi Gubernur dan Presiden oleh Gus Dur
wordpress.com
KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menceritakan peran penting mantan Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dalam kehidupan politiknya.

Bahkan, Ahok (sapaan Basuki) mengaku pernah didoakan menjadi gubernur oleh Gus Dur. Ceritanya, ketika itu Ahok dicurangi saat maju sebagai calon gubernur Bangka Belitung.

Ahok sudah menyerah dan mencoba menerima bahwa jabatan Gubernur Bangka Belitung tidak mungkin dimiliki keturunan minoritas.

Ahok mengungkapkan hal itu langsung kepada Gus Dur.

"Udahlah Gus, Tionghoa enggak bisa jadi gubernur. Tapi Gus Dur kasih semangat. 'Siapa bilang? Jangankan jadi gubernur, jadi presiden aja kamu bisa,'," ujar Ahok dalam sambutannya di haul keenam Gus Dur, di Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (26/12/2015).

Setelah itu, Ahok bersikeras untuk mengalah dalam pilkada Babel. Dia tidak ingin mempersoalkan kecurangan yang dia terima lagi.

Ahok mengatakan saat itu dia juga belum pernah berpikir untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta. Namun dia pernah mengucapkan hal tersebut kepada Gus Dur.

"Waktu itu saya ngomong gini, saya jadi gubernur DKI ajalah. Mungki karena doa Gus Dur kepada saya, saya dikasih amanah jadi gubernur DKI," ujar Ahok. (Jessi Carina)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved