Breaking News:

Mulai 2016, Pendaftaran Merk Sudah Bisa Online

Pendaftaran merk pada 2016 direncanakan sudah dapat dilakukan secara online.

Shutterstock/Ilustrasi
Ilustrasi 

WARTA KOTA, JAKARTA - Pendaftaran merk pada 2016 direncanakan sudah dapat dilakukan secara online.

"Pembenahan terkait sistem online sudah dilakukan untuk menghadapi 2016, ini termasuk pada pendaftaran merk," ujar Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Ahmad M Ramli di kantor Kemenkumham, Jakarta, Senin (21/12/2015).

Saat ini, lanjutnya, perpanjangan pada merk sudah dapat dioperasikan secara online namun pendaftarannya akan menyusul pada tahun depan.

Selain itu, Ahmad M Ramli juga menjelaskan, pendaftaran yang sudah dapat dilaksanakan dengan online pada 2015 adalah hak cipta, karena pengurusannya tidak memerlukan pemeriksaan substantif layaknya merk, sehingga dengan hanya mengisi formulir elekteronik sudah akan terdaftar sebagai pemilik.

Hal ini dikarenakan ketika ada dua merk yang sama didaftarkan hanya berselang beberapa menit, maka merek yang telebih dulu tercatat akan medapatkan pengakuan dari Pemerintah.

"Jadi, dengan sistem daring ini, mereka yang jauh dari Ibu Kota tidak susah dan tidak kalah dengan orang yang dekat ke kantor pengurusan merek," kata Ahmad M Ramli.

"Selain itu, desain industri, dan pendaftaran paten juga sudah bisa online pada 2016," ujar Ahmad M Ramli tegas.

Ahmad menerangkan walaupun kelak tersedia sistem pendaftaran daring, namun pihaknya tetap akan mempertahankan sistem pendaftaran manual.

"Masyarakat masih dapat mendatangi kantor kami dan mendaftarkan merk, desain industri, maupun paten secara manual," ujar Ahmad M Ramli. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved