resensi buku

Sang Penggerak di Balik Layar

Nama Djohan Sjahroezah jarang disandingkan dengan tokoh-tokoh perintis kemerdekaan lainnya.

Editor: Andy Pribadi
Kompas/Yuniadhi Agung
Cover buku Kesabaran Revolusioner Djohan Sjahroezah: Pejuang Kemerdekaan Bawah Tanah. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Nama Djohan Sjahroezah jarang disandingkan dengan tokoh-tokoh perintis kemerdekaan lainnya.

Tanpa perannya, bisa jadi catatan sejarah bangsa ini akan bercerita lain.

Di masa kemerdekaan, sosoknya ibarat jembatan penghubung, baik antara tokoh yang beda pandangan tentang pergerakan seperti Sutan Sjahrir dengan Tan Malaka maupun antara kelompok gerakan di kalangan akar rumput.

Aktivis kelahiran Muara Enim, Sumatera Selatan, 26 November 1912, ini dikenal piawai membangun jaringan, terutama membina kader pergerakan muda.

Djohan ikut andil dalam menggerakkan kadernya yang tergabung dalam Pemuda Republik Indonesia (PRI) bersama kekuatan rakyat melawan tentara sekutu pada peristiwa 10 November 1945 di Surabaya.

Keponakan Sutan Sjahrir ini membangun jaringan terpentingnya saat menjadi buruh di Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM) Surabaya.

Di perusahaan minyak Belanda ini Djohan membentuk serikat buruh yang kemudian menjadi kader-kader militan pro kemerdekaan melawan penjajahan Jepang.

Salah satu pendiri Lembaga Kantor Berita Antara pada 1937 ini juga membangun sel-sel perjuangan bawah tanah di beberapa kota untuk mendukung gerakan di Jakarta.

Salah satunya di Jawa Tengah saat mendukung persiapan perlucutan senjata-senjata Jepang oleh pemuda Patuk di Yogyakarta.

Pasca masa revolusi, pergerakannya ditujukan ke sektor politik melalui Partai Sosialis Indonesia (PSI).

Anggota DPR periode 1950-1956 ini menggerakkan penyusunan Undang-Undang Dasar pada era Republik Indonesia Serikat (RIS).

Pada Kongres PSI tahun 1955, dia terpilih sebagai Sekretaris Jenderal PSI mendampingi Sutan Sjahrir selaku ketua umum, hingga akhirnya PSI dibubarkan oleh Bung Karno pada 1960. (PTU/Litbang Kompas)

DATA BUKU:
u Judul: Kesabaran Revolusioner Djohan Sjahroezah: Pejuang Kemerdekaan Bawah Tanah
u Penulis: Riadi Ngasiran
u Penerbit: Penerbit Buku Kompas, 2015
u ISBN: 079-979-709-918-3

Sumber: KOMPAS
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved