resensi buku

Mengamankan Informasi Rahasia

Dinas Kode yang berada di bawah Kementerian Pertahanan ini pun lahir pada 4 April 1946.

Editor: Andy Pribadi
Kompas/Yuniadhi Agung
Cover buku Kode untuk Republik: Peran Sandi Negara di Perang Kemerdekaan. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Atas pertimbangan keamanan, tahun 1946 Soekarno dan Mohammad Hatta memutuskan Pemerintahan Republik Indonesia pindah ke Yogyakarta.

Sementara Perdana Menteri Sutan Sjahrir dan beberapa anggota kabinetnya tetap berkantor di Jakarta untuk berdiplomasi dengan Sekutu dan Belanda.

Khawatir informasi di pihak Indonesia bocor, Menteri Pertahanan Amir Sjarifuddin memerintahkan Roebiono Kertopati untuk membentuk Dinas Kode.

Dinas Kode yang berada di bawah Kementerian Pertahanan ini pun lahir pada 4 April 1946.

Roebiono lalu menyusun naskah buku panduan persandian dalam waktu dua bulan.

Buku berisi 10.000 kata bahasa Indonesia dan sistem-sistem sandi lain untuk operasional Dinas Kode itu kemudian dikenal dengan Buku Kode C.

Kode itulah yang digunakan untuk berkomunikasi antara Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Sumatera, para gerilyawan di Jawa, dan para perwakilan republik di negara sahabat.

Peralatan yang digunakan adalah radio telegrafis hasil rampasan dari Jepang atau zender (pemancar radio) selundupan dari Singapura.

PDRI di bawah pimpinan Sjafruddin Prawiranegara dibentuk setelah Belanda menangkap para pemimpin republik dan menduduki Yogyakarta.

Melalui Dinas Kode, strategi perlawanan dikomunikasikan kepada para penjuang. Puncaknya, Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta.

Serangan itu berhasil disiarkan secara berantai ke seluruh dunia. PBB kemudian mendesak Belanda untuk segera meninggalkan Indonesia.

Belanda akhirnya mengakui kedaulatan melalui Konferensi Meja Bundar.

Secara kronologis, buku ini memuat perjalanan Lembaga Sandi Negara, mulai dari dibentuknya pada tahun 1946 hingga resmi menjadi Lembaga Sandi Nasional tahun 1970-an.

Turut dibahas pula sejarah perkembangan kriptografi dalam sejarah peradaban, mulai era Yunani dan Mesir kuno hingga pada era Perang Dunia II. (DRA/Litbang Kompas)

DATA BUKU:
u Judul: Kode untuk Republik: Peran Sandi Negara di Perang Kemerdekaan
u Penulis: Pratama D Persadha
u Penerbit: PT Marawa Tiga Warna, 2015
u Tebal: xvi + 237 Halaman
u ISBN: 978-602-72773-0-4

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved