Gedung Bertingkat Harus Layak

Sebab itu gedung bertingkat memenuhi 3K, yakni kesehatan, keselamatan, dan keamanan.

Gedung Bertingkat Harus Layak
Kompas.com
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Gedung bertingkat harus layak bagi penghuninya.

Layak karena dapat mendukung kegiatan manusia berlangsung baik.

Sebab itu gedung bertingkat memenuhi 3K, yakni kesehatan, keselamatan, dan keamanan.

"Kegiatan manusia akan berlangsung baik jika keadaan layak. Sebuah bangunan gedung dapat disebut layak jika memenuhi syarat kesehatan, keselamatan, dan keamanan. Penyelenggara perlu menunjuk tenaga ahli yang mampu membuat gedung berkinerja sesuai syarat, juga berhati nurani memikirkan kebahagiaan pemakai," kata Pakar Desain Perkotaan dari Departemen Arsitektur Universitas Indonesia, Prof Gunawan Tjahjono, dalam seminar bertema “Arsitektur, Kota, dan Ideologi Bangsa” yang digelar Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUR) di Jakarta, Jumat (4/12).

Mantan Menteri Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Emil Salim menyatakan bahwa pejabat dan arsitektur memiliki peranan penting dalam mewujudkan gedung bertingkat yang memenuhi unsur 3K.

"Saya harap para arsitektur, pejabat, bangkit menunjukkan jati diri bangsa, menunjukkan semangat keadilan sosial sehingga pemilik tanah ikut menikmati manfaat value added dari pembangunan," tuturnya.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PU-PR Andres Suhono menyatakan bahwa diskusi tersebut digelar sebagai bentuk dukungan dari Kementerian PU-PR sebagai penentu arah pembangunan dan pembuat kebijakan dalam rangka pelaksanaan Undang-undang Bangunan Gedung.

“Kementerian PU-PR perlu mendukung keprofesian bidang konstruksi terutama arsitek agar profesional Indonesia dapat semakin kuat dan dapat bersama-sama membangun Indonesia sesuai identitasnya dengan tidak tergerus tren-tren asing yang belum tentu sesuai dengan jati diri bangsa," paparnya. (dod)

Penulis: Dody Hasanuddin
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved