kuliner

Yuk, Bikin Jajanan dari Ubi dan Singkong

Jika Anda biasa mengonsumsi kue-kue luks dan modern, cobalah sekali-sekali membuat jajanan sederhana dari ubi dan singkong.

Yuk, Bikin Jajanan dari Ubi dan Singkong
Kompas/Rony Ariyanto Nugroho
Kelepon ubi (depan) dan bola-bola ubi. 

Oleh Nyonya Rumah

Umbi-umbian, seperti ubi dan singkong, mudah didapat dipasar-pasar tradisional sampai supermarket. Harganya murah dan bisa dibuat jajanan tradisional yang bervariasi.

Jika Anda biasa mengonsumsi kue-kue luks dan modern, cobalah sekali-sekali membuat jajanan sederhana dari ubi dan singkong.

1. Kelepon Ubi
Bahan: ½ kg ubi, tepung kanji secukupnya, kelapa parut yang sudah diberi garam.

Isi: Kacang tanah disangrai sampai matang, buang kulitnya lalu gerus agak kasar, beri irisan gula Jawa secukupnya, mencampurkannya sambil diperciki air sampai dapat dipulung. Ini harus cukup manis. Pulungi bulat-bulat sebesar kacang tanah.

Cara membuat: Ubi direbus, panas-panas dikupas lalu dilumatkan, campurkan tepung kanji sampai adonan cukup rata untuk dapat dipulung, beri pewarna hijau, ratakan. Adonan ini dipulung bulat-bulat sebesar jeruk limau, isi dengan isi yang telah disiapkan. Bulatkan lagi. Jika semua pekerjaan sudah selesai, didihkan air, tambahkan sedikit garam. Masukkan kelepon ubi, jika sudah terapung, angkat. Tiriskan, lalu gulingkan di kelapa parut yang sudah diberi sedikit garam.

2. Bola-bola Ubi
Bahan: ½ kg ubi, 1/3 butir kelapa yang agak muda, 1 ons gula Jawa, iris-iris halus, 1 sdm gula pasir, ½ sdt garam, tepung kanji secukupnya, 1 ons kismis, minyak untuk menggoreng.

Cara membuat: Ubi direbus panas-panas dikupas lalu lumatkan, campuran kelapa yang sudah diparut, 2 macam gula dan garam, ratakan. Tambahkan tepung kanji sambil diuleni sampai merupakan adonan yang dapat dipulung. Kismis diseduh air panas sampai melar, tiriskan. Adonan ubi dipulung bulat-bulat sebesar buah duku, isi dengan 3 butir kismis, bulatkan lagi. Jika semua pekerjaan sudah selesai, panaskan minyak di wajan, goreng bola-bola ubi sambil di balik-balik sampai matang, angkat.

3. Sawut Singkong dengan Nangka
Bahan: ½ kg singkong, kupas, parut kasar, 50 gram gula pasir, 100 gram gula Jawa, iris halus, 4-5 biji nangka, iris persegi kecil, kelapa parut yang agak muda, sekitar 100 gram, beri garam, kukus.

Cara membuat: Campurkan singkong dengan 2 macam gula dan irisan nangka, aduk rata. Taruh di loyang yang sudah di alas daun pisang, ratakan, lalu kukus sampai matang. Setelah dingin, potong-potong. Dihidangkan dengan kelapa parut bergaram.

4. Lentis
Bahan: ½ kg singkong, 2 bt daun bawang.

Bumbu: 5 bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 butir kencur, 1 cabe merah, ½ sdt terasi, 1 sdm gula pasir, 1 sdt garam, minyak goreng.

Cara membuat: singkong dikupas, parut, lalu peras, buang airnya. Daun bawang diiris halus. Bumbu-bumbu digerus, campurkan dengan singkong dan daun bawang, ratakan. Pulungi bulat-bulat agak memanjang, lalu goreng sampai berwarna kuning kecoklatan, angkat.

Editor: Andy Pribadi
Sumber: KOMPAS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved