Breaking News:

Musikmu Kepribadianmu

Bagaimanapun musik disajikan, dalam konser megah atau instrumen sederhana, tetaplah mampu memengaruhi dan mengubah emosi seseorang.

shutterstock
Ilustrasi 

Oleh M Zaid Wahyudi

"Tanpa musik, hidup bisa jadi kacau." (Friedrich Wilhelm Nietzsche, Twilight of the Idols, 1888)

Banyak orang suka musik, apa pun genre atau jenisnya. Musik adalah "bahasa" emosi universal yang tidak terikat batas negara, ras, atau budaya. Untaian nadanya tidak hanya dapat menggugah jiwa, tetapi juga menandakan kepribadian pendengarnya.

Bagaimanapun musik disajikan, dalam konser megah atau instrumen sederhana, tetaplah mampu memengaruhi dan mengubah emosi seseorang. Senang, sedih, cemas bisa muncul gara-gara musik.

"Emosi setelah mendengar musik merupakan persepsi asosiasi, hasil belajar manusia tentang musik sejak kecil," kata Kepala Program Psikologi Klinis Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Dinastuti, di Jakarta, Rabu (21/10).

Dari telinga, musik pertama kali diproses otak pada bagian thalamus dalam bentuk gelombang suara. "Gelombang itu diteruskan ke pusat pengaturan suara di lobus temporal di otak samping," kata Kepala Pusat Studi Otak dan Perilaku Sosial Universitas Sam Ratulangi Manado Taufiq Pasiak.

Selanjutnya, suara itu akan diinterpretasi pada sejumlah bagian otak, termasuk sistem limbik, pusat sistem emosi. Sistem limbik aktif saat seseorang merasakan hal-hal menyenangkan, termasuk musik dan narkotika.

Bukan candu
Beberapa perasaan yang muncul setelah mendengar musik adalah senang, tenang, sedih, atau cemas. Perasaan itu juga muncul setelah seseorang mengonsumsi narkotika dan obat terlarang. Meski demikian, musik tidak memunculkan kecanduan.

"Musik hanya dipersepsikan otak, tidak oleh bagian tubuh lain," ujar Dinastuti. Beda dengan narkoba yang merupakan zat kimia yang bisa diserap tubuh serta memengaruhi kerja otak dan fungsi tubuh.

Halaman
123
Editor: Andy Pribadi
Sumber: KOMPAS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved