Disesalkan, Pembangunan di Pulau Onrust Tanpa Izin Basuki

Pembangunan homestay di Pulau Onrust tanpa izin dari Gubernur DKI Jakarta.

Disesalkan, Pembangunan di Pulau Onrust Tanpa Izin Basuki
Mohamad Yusuf
Ilustrasi salah satu kegiatan pawai warga Kepulauan Seribu. 

WARTA KOTA, KEPULAUAN SERIBU -- Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo menyesalkan pembangunan home stay di Pulau Onrust, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Budi beralasan, seharusnya pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta terlebih dahulu meminta izin dari Gubernur DKI Jakarta, Basuki Thahaja Purnama terkait pembangunan. 

"Pembangunan di pulau cagar budaya, harus ada izin terlebih dahulu dari Pak Gubernur, mulai dari pemanfaatan termasuk juga titik lokasi yang akan ditempatkan," katanya, Selasa (17/11/2015).

Hingga saat ini, Dinas Parbud DKI belum berkoordinasi dengan Pemkab Kepulauan Seribu terkait pembangunan dua unit homestay di Pulau Onrust tersebut.

Padahal, pembangunan di pulau cagar budaya tidak bisa sembarangan.

"Masukan dari masyarakat, kalau tempat cagar budaya harusnya tidak boleh dibangun penginapan. Apalagi ini tidak ada izin resmi dari gubernur," ujarnya. 

Untuk itu, Budi meminta, pihak terkait agar mengurus perizinan pembangunan.

Hal ini terkait erat dengan konsep dan bahan bangunan yang harus sesuai dengan kondisi di pulau tersebut.

"Saya minta supaya cepat diurus administrasi perizinannya agar bisa digunakan manfaatnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Saran saya, proses dulu izin dari gubernur serta surat izin membangun karena dua bangunan itu belum mengantongi IMB," katanya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved