Pascahujan Deras, Belasan Pohon Rusak di Jakut

Sementara untuk yang sempal itu, ada satu pohon Bintaro di Jalan Enggano

Pascahujan Deras, Belasan Pohon Rusak di Jakut
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Belasan pohon, baik itu tumbang ataupun yang sempal di Jakarta Utara

Warta Kota, Tanjung Priok - Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman, Yatti Sudiharti mengaku hujan deras yang melanda pada Jumat (13/11) dan Sabtu (14/11), membuat belasan pohon mengalami sempal, hingga tumbang.

"Terhitung belasan pohon, baik itu tumbang ataupun yang sempal," kata Yatti kala dikonfirmasi, Minggu (15/11/2015).

Menurut dia, ada 3 pohon yang tumbang di Jalan Enggano Raya, Kecamatan Tanjung Priok. Antara lain, dua pohon angsana dan satu pohon asem kranji.

"Sementara untuk yang sempal itu, ada satu pohon Bintaro di Jalan Enggano, satu pohon karet kebo di Jalan Pluit Raya, satu pohon angsana di Jalan Sunter," ujarnya.

Tak hanya itu, bertambah dua pohon tumbang pasca hujan deras beberapa hari lalu, yakni tepat di Rumah Sakit (RS) Sukmul, Kelurahan Tanjung Priok.

"Kedua pohon itu tumbang ke Kali Tirem, dan sudah kami tangani," ujarnya.

Mengantisipasi adanya pohon tumbang di musim penghujan, Yatti mengakui pihaknya langsung melakukan penopingan pohon. Terhitung, ada 21 jenis pohon jenis angsana di RW 12, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, dilakukan penopingan.

"Penopingan ‎melibatkan 10 Petugas Harian Lepas (PHL) dari Sudin Pertamanan dan ‎Pemakaman Jakarta Utara dibantu warga setempat. Kita toping pohonnya sebagai langkah antisipasi rawan tumbang," katanya.

Pihaknya, lanjut Yatti, saat ini mengintensifkan petugas di sekitar kawasan pohon rawan tumbang. Diantaranya di Jalan Enggano, Cilincing Raya dan Yos Sudarso.

"Bukan berarti petugas kita berdiam disana aja, mereka mobile melakukan monitor di lokasi lainnya. Selain itu, kepada warga yang menemukan pohon sempal akibat hujan dan angin segera melaporkan secepatnya ke pihak Sudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Utara," tutupnya. (Panji Baskhara Ramadhan)

Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved