Demo Buruh

Kepala Bakesbangpol DKI: Tak Setuju Pergub Demo Silakan Gugat

Kepala Bakesbangpol DKI Rationo Tuslim memaklumi adanya pro dan kontra terkait Pergub 228 Tahun 2015 soal unjuk rasa.

Kepala Bakesbangpol DKI: Tak Setuju Pergub Demo Silakan Gugat
Warta Kota/Dwi Rizki
Geliat unjuk rasa di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat pada Rabu (28/10) masih terus ditunjukkan oleh ribuan buruh dari berbagai aliansi dan serikat buruh di Indonesia. 

WARTA KOTA, PALMERAH— Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) DKI Rationo Tuslim memaklumi adanya pro dan kontra terkait Pergub 228 Tahun 2015 soal unjuk rasa yang kini telah direvisi menjadi Pergub 232 Tahun 2015.

"Kalau masyarakat merasa dirugikan, silakan lakukan uji materi, judicial review ke MK. Kalau di MK ternyata memang melanggar undang-undang, ya harus dicabut pergubnya," ujar Rationo ketika dihubungi, Rabu (12/11/2015).

Rationo mengatakan hanya cara itulah yang bisa ditempuh masyarakat jika ingin mencabut pergub.

Sebab, Pemerintah Provinsi DKI tidak berniat mencabut pergub tersebut meski bisa melakukannya.

Rationo mengatakan saat ini sudah tidak ada lagi Pergub 228 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pelaksanaan Penyampaian Pendapat di Muka Umum pada Ruang Terbuka.

Namun itu bukan berarti pergub tersebut dicabut. Pergub lama tersebut direvisi melalui pergub baru yaitu Pergub 232 Tahun 2015.

"Jadi enggak mungkin hanya revisi, tapi cabut keseluruhan pergub yang lama dan kita ganti yang baru. Supaya enggak tumpang tindih, kalau enggak dicabut jadinya tumpang tindih," ujar dia.

Revisi

Seperti yang banyak diberitakan, Pergub 228 mendapat tentangan dari banyak pihak karena dinilai mengekang kebebasan mengemukakan pendapat.

Pergub itu menyebut aksi unjuk rasa hanya boleh dilakukan di tiga tempat, yakni di Parkir Timur Senayan; Alun-alun Demokrasi DPR/MPR RI; dan Silang Selatan Monumen Nasional (Monas).

Halaman
12
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved