Tip Kesehatan

Musim Hujan, Dinkes Depok Imbau Warga Waspadai Leptospirosis

Jika sesudah melintasi genangan air di jalan, warga diminta segera mencuci kaki atau tubuh dengan sabun dan dipastikan benar-benar bersih.

Musim Hujan, Dinkes Depok Imbau Warga Waspadai Leptospirosis
Tribunnews.com
Ilustrasi 

WARTA KOTA, DEPOK - Memasuki musim penghujan ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengimbau warga agar mewaspadai penyakit leptospirosis.

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira dan biasa terdapat di kencing tikus.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Depok, Agus Gojali menjelaskan Kota Depok yang terdiri dari banyak pemukiman yang cukup padat, rentan akan penyakit ini saat musim hujan tiba.

Sebab kata Agus di musim hujan akan lebih banyak tikus yang berkeliaran dan dapat meninggalkan air kencingnya di suatu tempat dan tanpa sengaja kumannya menempel pada manusia.

Agus mengatakan tanda-tanda seseorang terkena leptospirosis adalah demam tinggi diatas 38 derajat celsius. Jika dibiarkan dan tak segera ditolong bisa menimbulkan kejang dan mengalami kekakuan otot.

"Cara mengatasinya, jika demam atau panas tingi menyerang adalah dengan cara membawanya ke rumah sakit atau diberi obat penurun panas sementara," kata Agus, Selasa (10/11).

Ia mengatakan leptospirosis dapat mematikan jika tidak segera mendapat pertolongan.

Menurutnya bakteri dari kencing tikus sangat mudah masuk ke tubuh manusia misalnya melalui kulit yang luka atau bahkan melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Selain itu kata dia, jika sesudah melintasi genangan air di jalan, ia meminta warga segera mencuci kaki atau tubuh dengan sabun dan dipastikan benar-benar bersih.

Itu dilakukan agar bakteri leptospira yang mungkin hinggap melalui genangan air langsung mati.

"Penyakit ini cukup berbahaya, namun mudah ditangani dan dicegah jika kita biasa hidup bersih dan tahu kemungkinan adanya tempat bakteri itu" kata Agus.

Agus mencontohkan, minuman kaleng yang lama di simpan di gudang juga cukup rentan terkontaminasi bakteri leptospira penyebab leptospirosis.

"Jika memang minuman kalengnya tertutup rapat, agar dicuci bersih dulu sebelum kita memegang atau meminumnya," kata Agus.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved