Kemiskinan

Akhirnya, Anak Bergizi Buruk Dirawat di RSU Cilincing

Kami sudah mendapatkan informasi itu dan sang anak, kini, tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Kecamatan Cilincing.

Editor: Gede Moenanto
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
RGM, bocah sembilan tahun yang tinggal di sebuah kontrakan kecil dan kumuh, tepatnya di Jalan Cilincing Lama I, Gang Kelapa Nunggal II, RT 06/03, Cilincing, Jakarta Utara, mengalami gizi buruk, sejak lahir, Minggu (8/11/2015). 

WARTA KOTA, CILINCING -- RGM, bocah sembilan tahun yang tinggal di sebuah kontrakan kecil dan kumuh, tepatnya di Jalan Cilincing Lama I, Gang Kelapa Nunggal II, RT 06/03 Cilincing, Jakarta Utara, mengalami gizi buruk atau dalam bahasa medis disebut, Marasmus Gizi, sejak lahir.

Kepala Suku Dinas Kesehatan (Kasudinkes) Kota Administrasi Jakarta Utara, Bambang Suheri menuturkan, anak tersebut kini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Cilincing.

"Kami sudah mendapatkan informasi itu dan sang anak, kini, tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Kecamatan Cilincing," kata Bambang Suheri kala dikonfirmasi, Minggu, (08/11/2015).

Pihaknya, kata Bambang akan melakukan pengawalan ketat terhadap perawatan rutin RGM. Namun, dia sangat menyangkan apabila dari pihak keluarga tidak memotivasi kesehatan RGM agar cepat sembuh.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak Sudinsos Jakut untuk menangani hal ini. Tapi yang pastinya, kami akan melakukan pengawalan rutin terhadap perawatan sang anak. Hanya saja, kami berharap ada bentuk motivasi dari keluarga RGM, agar RGM bisa sembuh," katanya.

Motivasi tersebut, dijelaskan Bambang, agar sang anak apabila mengalami sakit untuk segera dilakukan pengobatan. Hal itu, kata dia, berpengaruh terhadap gizi sang anak.

"Sang anak ini kan penyakit komplikasi, jadi berpengaruh sama tubuhnya, sehingga menyusut. Kami berharap, keluarga sang anak jangan diam saja kalau dia (RGM) sakit. Diobati langsung secara rutin dan tidak putus-putus," tuturnya.

Sementara itu, Camat Cilincing, Nana, membantah jika RGM mengalami gizi buruk.

Ia mengaku, RGM mengalami penyakit tuberkulosis paru-paru dan tuberkulosis tulang.

"Dia (RGM) bukan mengalami kurang gizi mas. Sebenarnya, anak itu mengalami TB Paru dan TB Tulang. Untuk saat ini data belum lengkap, Senin (09/11) besok saya akan memberikan penjelasan lengkapnya," kata dia.

Sementara itu, Walikota Administrasi Jakarta Utara, Rustam Effendi belum memberikan tanggapan terkait kasus ini. Baik itu via telepon maupun via pesan singkat dan Whatsaap. (Panji Baskhara Ramadhan)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved