Demo Buruh

Ahok Bantah Larang Demo di Istana

"Demo di Istana Negara akan kita alihkan ke Monas. Bukan saya ngelarang Istana lho."

Ahok Bantah Larang Demo di Istana
Wartakotalive.com/Angga Bhagya Nugraha
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok 

WARTA KOTA, PALMERAH— Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menandatangani Peraturan Gubernur (Pergub) No 228 Tahun 2015, tentang Pengendalian Pelaksanaan Penyampaian Pendapat di Muka Umum pada Ruang Terbuka.

Namun, beberapa kalangan mempertanyakan kenapa Pergub tersebut mengatur bahwa tempat  unjuk rasa hanya  di tiga tempat, salah satunya Monas. Monas menjadi tempat untuk mengalihkan demo yang kerap dilakukan di depan Istana Merdeka dan Balai Kota.

Ahok pun mengaku, larangan tersebut, sebenarnya sudah dibuat oleh para reformis sebelumnya.

"Demo di Istana Negara akan kita alihkan ke Monas. Bukan saya ngelarang Istana lho. Justru UU No 9 tahun 1998 yang dibuat oleh reformis ketika reformasi terjadi, itu mencantumkan tidak boleh demo di Istana sebetulnya. Malah nggak boleh demo di hari besar. Jadi semua jelas. Jadi yang salah di mana?" kata Ahok, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (2/10/2015).

Apalagi, Ahok mengaku, pada tahun 1998 tersebut, dirinya belum berkecimpung di dunia politik. Karena itu, seharusnya, seluruh pihak menghargai atas pembentukan undang-undang tersebut.

"Yang bikin kan orang-orang reformis yang hebat-hebat dulu. Menurut saya nggak ada yg menyimpang dari UU no. 9 tahun 1998. Mesti hargain orang lain dong itu," katanya.

Seperti diketahui, di dalam Pergub tersebut, ditentukan, bahwa untuk melakukan aksi unjuk rasa, kini telah diatur, hanya diizinkan pada tiga lokasi.

Yaitu, Parkir Timur Senayan, alun-alun Demokrasi DPR/MPR RI, dan Silang Selatan Monumen Nasional.

Serta waktu untuk aksi unjuk rasa itu, hanya diperbolehkan mulai mulai pukul 06.00 sampai 18.00.

Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Suprapto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved